Pantangan Makanan Penderita Penyakit Gagal Ginjal

Pantangan Makanan Penderita Penyakit Gagal Ginjal- Salam jumpa kawan, Ginjal merupakan salah satu organ yang memiliki peranan penting dalam proses metabolisme tubuh. Jika organ ini tidak berfungsi dengan baik makan bisa dipastikan kinerja organ tubuh yang lain akan ikut terganggu.

Fungsi ginjal didalam tubuh yaitu mengeluarkan sisa produk metabolisme dan cairan berlebih dalam tubuh, jika tidak bisa dikeluarkan produk sisa ini akan menjadi racun pada tubuh kemudian kesehatan tubuh akan menurun.
pantangan makanan penderita penyakit gagal ginjal

Sisa produk metabolisme ini berasal dari makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap hari. Penganturan diet dan pembatasan asupan cairan bagi penderita gagal ginjal menjadi sangat penting, ini merupakan salah satu terapi non- medikamentosa (bukan obat) bertujuan untuk mengontrol produk sisa metabolisme dan cairan tubuh agar bisa menurunkan beban kerja pada ginjal.

Konsumsi makanan yang tepat menjadi faktor sangat penting untuk diperhatikan oleh penderita gangguan ginjal, sebaiknya konsultasikan dengan ahli gizi sebab diet atau pola makan yang dianjurkan akan tergantung dari stadium berapa gagal ginjal yang anda derita. Sebagai bahan pertimbangan berikut ini admin sajikan beberapa pantangan makanan untuk penderita penyakit gagal ginjal :

1. Karbohidrat Tinggi.
Hindari atau batasi asupan makanan dengan kandungan karbohidrat tinggi seperti nasi, jagung, kentang, makaroni, pasta, hevermout.

2. Protein Hewani
Hindari juga makanan yang memiliki protein hewani tinggi seperti daging ayam, daging kambing, telur, keju, ikan, hati dan udang.

3. Sayuran
Hindari konsumsi sayuran yang memiliki kandungan kalium tinggi seperti kubis, buncis, kembang kol, seledri, daun pepaya.

4. Buah
Hindari berbagai buah-buahan dengan kandungan kalium tinggi seperti apel, jeruk, alpukat, pisang, pepaya dan aggur.

5. Makanan Tinggi Kadar Garamnya
Makanan yang cepat saji atau dalam kemasan kalengan biasanya tinggi kadar garam seperti makanan beku, makanan cepat saji, cemilan asin, sup kalengan, sayur kalengan.

6. Makanan Mengandung Zat Fosfor
Kacang-kacangan tinggi kandungan zat fosfornya seperti kacang kering, selai kacang, susu kedelai, tahu, tempe dan oncom.

Tabel Pantangan Makanan Gagal Ginjal
No.PantanganJenis Makanan
1Kabohidrat TinggiNasi, jagung, kentang, makaroni, pasta, hevermout
2Protein HewaniDaging kambing, daging ayam, telur, ikan, hati,udang dan keju
3Sayuran Tinggi KaliumKubis, buncis, kembang kol, seledri, daun pepaya
4Buah-Buahan Tinggi KaliumApel, jeruk, alpukat, pisang, pepaya dan anggur.
5Tinggi Kandungan GaramMakanan beku, makanan cepat saji, cemilan asin, sup kalengan, sayur kalengan.
6Mengandung Zat fosforKacang kering, selai kacang, susu kedelai, tahu, tempe dan oncom.

Selain Harus menghindari makanan pantangan diatas penderita gagal ginjal sebaiknya konsulatasi dengan ahli gizi agar bisa diatur pola diet gagal ginjal yang paling tepat, sebab dikhawatirkan selain menderita gagal ginjal penderita juga mengidap penyakit yang lainnya. Semoga yang admin tulis ini bisa bermanfaat buat Anda dan jangan lupa bagikan artikel ini dengan cara klik salah satu tombol share dibawah. Salam sehat!

0 Response to "Pantangan Makanan Penderita Penyakit Gagal Ginjal"

Posting Komentar