Pantangan Makanan Penderita Penyakit Diare

Pantangan Makanan Penderita Penyakit Diare - Salam jumpa kembali kawan, Sering BAB dianggap sebagai masalah sepele sebab hal ini merupakan sesuatu yang biasa terjadi pada seseorang. Tapi tahukah anda jika aktivitas ini frekwensinya terlalu sering sehari lebih dari tiga kali dan berlangsung selama berminggu-minggu atau lebih maka akan menyebabkan diare kronis yang tentu saja berbahaya bagi keselamatan jiwa penderita.

Penyakit diare bisa menyerang siapa saja tua, muda atau anak-anak dapat terserang diare. Setiap tahun dilaporkan sebanyak 4-5 juta orang meninggal akibat diare kronis, ini menunjukan data yang cukup mencengangkan untuk sebuah penyakit yang sering dianggap tidak berbahaya.
Pantangan makanan penderita penyakit diare

Penyebab dari diare cukup bervariasi, tapi yang paling utama adalah karena faktor makanan yang dikonsumsi. Konsumsi makanan yang kurang bersih dalam penyajiannya, makanan basi atau konsumsi bahan makanan yang dapat memicu diare seperti makanan terlalu pedas dan makanan terlalu masam dapat menyebabkan diare pada seseorang.

Selain makanan, faktor minuman juga bisa menjadi penyabab diare seperti minuman yang didapat dari sumber tidak bersih sehingga terdapat bakteri atau kuman yang masuk kedalam perut. Karena diare merupakan penyakit yang erat kaitanya dengan pencernaan maka untuk mengatasinya lakukan pengobatan  yang tepat secapatnya dan hindari berbagai jenis pantangan makanan bagi penderita penyakit diare seperti berikut ini :

1. Makanan Pedas
Makanan pedas tidak bisa dicerna dengan mudah oleh saluran pencernaan dalam tubuh, selain itu jenis makanan seperti ini juga bisa mengiritasi saluran pencernaan sehingga berdampak diare semakin memburuk.

2. Makanan Asam
Berbagi jenis makanan yang terlalu asam seperti jeruk yang ber-citrus jika dikonsumsi oleh penderita diare akan menyebabkan saluran pencernaan menjadi stres kemudian diare semakin parah.

3. Makanan Berlemak
Makanan berlemak, mengandung minyak dan bersantan kental tidak boleh dikonsumsi jika anda sedang mengalami diare, sebab akan memperburuk kondisi diare anda.

4. Susu
Susu dan Produk olahan susu yaitu mentega, keju dan es krim jangan dikonsumsi jika sedang mengalami diare. Kecuali yoghurt bisa anda konsumsi sebab mengandung probiotik yang bagus bagi penderita diare.

5. Makanan Menimbulkan gas
Ketiak diare hindarilah berbagai jenis makanan yang bisa menimbulkan gas dalam saluran pencernaan seperti kubis, bawang putih, kacang-kacangan, kol, brokoli dan kembang kol.

6. Minuman Beralkohol dan Kafein
Kedua jenis minuman ini dapat menyebabkan dehidrasi. Ketika anda mengalami diare banyak sekali cairan yang dikeluarkan dari dalam tubuh, jika anda konsumsi alkohol dan kopi maka diare anda akan semakin parah.

7. Sorbitol dan Pemanis Buatan
Pemanis buatan memiliki efek pencahar dalam sistem pencernaan anda, jadi hindari jenis makanan seperti permen, permen karet, minuman ringan dan makanan yang menggunakan pemanis buatan.

8. Jus Buah
Jus buah memiliki banyak kandungan fruktosa yang bisa menyebabkan perut kembung dan gas sehingga tidak baik dikonsumsi oleh penderita sakit diare.

Inti dari pantangan makanan diare adalah hindari jenis makanan yang susah dicerna, melukai saluran pencernaan, dan makanan yang bisa membuat kekurangan cairan tubuh. Semoga isi artikel yang admin tulis ini dapat bermanfaat buat anda dan jangan lupa untuk share artikel ini dengan klik tombol share dibawah. Salam sehat!

0 Response to "Pantangan Makanan Penderita Penyakit Diare"

Poskan Komentar