Hampir Buta, Hati-Hati Jangan Terlalu Lama Pakai Lensa Kontak

Pantangan Makanan - Seorang perancang ternama asal London Inggris bernama Aimee Mc William terpaksa harus melakukan perawatan yang intensif setelah mengalami luka serius pada mata disebabkan oleh penggunaan lensa kontak yang terlalu lama.

Dokter selalu menganjurkan kepada pasien yang ingin menggunakan lensa kontak mata agar jangan lebih dari 8 jam sehari.Apa yang diperbuat Aimee tidak demikian, dia merasa nyaman dengan lensa kontak tersebut kemudian memakainya lebih dari 14 jam sehari.
Hampir Buta, Hati-Hati Jangan Terlalu Lama Pakai Lensa Kontak

Pada suatu hari saat melakukan check up tahunan, Aimee merasa terkejut sebab dokter memperlihatkan kerusakan pada matanya yang dilihat menggunakan mikroskop kecil khusus. "Saya merasa ngeri. Saya selalu menggunakan lensa kontak dari pukul 7 pagi hingga tengah malam dan mendapati mata saya hampir buta." Cerita Aimee.

Konsultan ahli bedah mata di Southend University Hospital dan BMI Southend Hospital Hosam Kasaby mengungkapkan yang dialami Aimee adalah neovascularisation kornea. Yaitu suatu kondisi dimana lensa kontak menghalangi kornea mata untuk menangkap oksigen sehingga mengakibatkan kornea mengalami kekurangan oksigen.

Seperti yang ditulis Dailymail dr. Hosam mengatakan "Jika dibiarkan, mata bisa buta karena tertutup dengan pembuluh darah, dan mengubah kornea menjadi buram. Pada stadium lanjut, mata akan memerah, dan pada saat itu mungkin sudah terlambat."

Robert Glass seorang spesialis mata yang lainnya menjelaskan Neovascularisation Kornea terjadi sebab lensa kontak terbuat dari bahan plastik yang mengandung air. Tapi ada juga jenis lensa kontak baru yang terbuat dari hidrogel silikon. "Jenis ini memungkinkan lebih banyak oksigen untuk melewati udara ke kornea dan membuat mata lebih sehat," kata dr tersebut.

Jadi dapat disimpulkan tidak semua lensa kontak mata aman untuk digunakan dalam jangka waktu lama. Sebelum anda berfikir untuk menggunakan lensa kontak sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter mata Anda.

0 Response to "Hampir Buta, Hati-Hati Jangan Terlalu Lama Pakai Lensa Kontak"

Posting Komentar