Pantangan Makanan Penderita Penyakit Diabetes Melitus

Pantangan Makanan Penderita Penyakit Diabetes Melitus - Selamat Datang kawan di website sederhana ini, sebuah website yang ingin berbagi informasi kepada Anda tentang beberapa pantangan makanan untuk berbagai jenis penyakit diantaranya penyakit diabetes melitus atau dikenal juga dengan sebutan penyakit kencing manis.

Berikut ini sekilas informasi tentang penyakit diabetes melitus, Penyakit diabetes merupakan jenis penyakit yang timbul akibat terjadi masalah pada organ pankreas yang tidak bekerja dengan baik sehingga insulin yang dihasilkan sangat minim, akibat minimnya pasokan insulin maka kadar gula dalam darah meningkat dan hal inilah yang menjadi sebab timbulnya masalah kesehatan pada tubuh.


Pantangan makanan penderita penyakit diabetes melitus
Jika kadar gula dalam darah sudah sangat tinggi cara yang paling utama untuk mengendalikannya adalah dengan menjaga pola makan, yaitu hindari beberapa jenis makanan yang bisa memicu atau menambah kadar gula dalam darah tersebut. Bagi anda yang sedang mencari info makanan apa saja yang sebaiknya dihindari oleh penderita diabetes, berikut ini kami sajikan daftar pantangan makanan bagi penderita penyakit diabetes melitus atau kencing manis :

1. Nasi
Sebuah fakta yang tidak mengenakan bagi penderita diabetes melitus, sebab nasi merupakan makanan pokok bagi banyak orang khususnya masyarakat Indonesia. Nasi putih dalam satu porsinya memiliki nilai gizi kandunga karbohidrat yang tinggi. Seperti yang kita ketahui jika karbohidrat tinggi makan glukosa yang dihasilkan juga akan tinggi dan hal ini dapat memicu kadar gula darah tinggi. Solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah mengganti Nasi putih dengan beras merah atau beras coklat yang lebih sehat.

2. Pasta dan Mie
Mie saat ini sudah menjadi seperti "makanan pokok" bagi sebagian orang, sebab hampir tiap hari orang mengkonsumsinya. Untuk penderita diabetes makanan ini sebaiknya dihindari sebab kandungan karbohidrat dalam mie tersebut hampir sama dengan nasi sebab bahan untuk pembuatan mie adalah tepung beras dan gandum yang tinggi kadar karbohidratnya.

3. Roti
Hampir sama dengan mie roti juga terbuat dari tepung sehingga kadar karbohidrat tinggi. Selain itu roti juga sering disajikan dengan tambahan pemanis seperti gula, ini tentu saja sangat tidak baik bagi penderita diabetes melitus.

4. Buah-buahan
Mungkin dalam benak anda berkata "kok, buah-buahan tidak baik bagi penderita diabetes?" Tidak semua buah-buahan tidak baik bagi penderita diabetes tapi ada beberapa jenis buah yang harus dihindari sebab kadar glukosa didalamnya terlalu tinggi seperti buah pisang, nangka, durian, sirsak, mangga, semangka dan melon. Sedangkan buah jeruk, apel, pir dan alpukat bisa anda konsumsi sebab kadar gulanya cukup rendah.

5. Kentang
Berbagai jenis olahan kentang seperti keripik, kentang goreng, kentang panggang, atau kentang rebus harus penderita diabetes hindari, sebab kentang merupakan penghasil karbohidrat tinggi yang bisa meningkatkan kadar gula dalam darah.

6. Gorengan
Makanan ringan yang satu ini memang sangat nikmat untuk disantap dan terlihat tidak berbahaya bagi kesehatan. Tapi tahukah anda, gorengan mengandung kolesterol tinggi yang bersumber dari minyak yang dipakai berkali-kali untuk menggoreng. Tingginya kadar kolesterol dalam tubuh dapat menimbulkan berbagai jenis penyakit salah satunya diabetes.

7. Makanan Siap Saji
Makana siap saji seperti pasta, pizza dan burger harus penderita diabetes hindari sebab kandungan nutrisi tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

8. Makanan Tinggi Kadar Lemak
Makanan yang mengandung kadar lemak tinggi tidak baik bagi penderita penyakit diabetes sebab memiliki kalori yang tinggi dan kandungan gula didalamnya juga tinggi.

9. Soda dan Kafein
Soda merupakan minuman segar yang wajib dihindari penderita sakit diabetes karena kandungan pemanis di dalamnya dapat meningkatkan kadar gula darah. Sedangkan kafein yang dihasilkan dalam kopi sangat diajurkan untuk dihindari sebab setiap menyajikan secangkir kopi tentu harus dicampur dengan gula bahkan ada yang menambahkan gula berlebih, hal inilah yang bisa bermasalah bagi penderita diabetes.

Baiklah kawan itulah beberapa makanan yang menjadi pantangan bagi penderita diabetes. Semoga informasi ini bisa bermanfaat buat anda dan jangan lupa baca juga informasi pantangan makanan bagi penderita penyakit yang lainnya yang akan segera kami ulas dalam website ini. Salam sehat!

Chanel Youtube Pantangan Makanan

1 Response to "Pantangan Makanan Penderita Penyakit Diabetes Melitus"

  1. Ternyata setelah saya membaca semua artikel ini, banyak juga dari Buah untuk Penyakit Diabetes tidak Cuma dengan serupa, bahkan lebih dari satu Penyakit Diabetes ini, memang web ini menyuguhkan artikel yang sangat bagus dan baik, enak dibaca dan juga dipahami, salam sehat buat pemegang web ini, dan tidak ada salahnya untuk meluangkan waktu untuk saling mengetahui : Buah untuk Penyakit Diabetes

    Salam sehat, dan panjang umur. amin

    BalasHapus