Pantangan Makanan Penderita Penyakit Jantung Koroner

Pantangan Makanan Penderita Penyakit Jantung Koroner - Salam jumpa kawan, senang sekali admin saat ini bisa berbagi informasi yang berkaitan dengan masalah kesehatan atau lebih tepatnya membahas tentang pantangan makanan yang harus dihindari jika anda menderita suatu penyakit. Tema yang akan kami ulas kali ini adalah makanan yang menjadi pantangan untuk penderita penyakit jantung.

Penyakit jantung sudah sejak lama ada dan memakan banyak korban. Saat ini penyakit jantung sudah banyak menyerang orang-orang yang masih dalam usia produktif, jadi anggapan penyakit jantung adalah penyakit orang tua sudah tidak berlaku lagi. Penyakit jantung masuk kedalam 3 jenis penyakit yang banyak menimbulkan kematian bagi penderitanya.

Pantangan Makanan Penderita Penyakit Jantung Koroner
Buat anda yang saat ini sedang dicoba dengan penyakit jantung, sebaiknya atau bahkan diwajibkan untuk menjaga pola makan yang sehat yaitu dengan menghindari pantangan makanan untuk penderita penyakit jantung koroner. Sebab, jika hal ini dilanggar makan akan berdampak semakin buruknya kondisi kesehatan anda. Ada banyak sekali makanan yang harus dihindari oleh penderita sakit jantung koroner, namun dalam tulisan ini kami membaginya kedalam beberapa bagian agar anda mudah memahami serta mengingatnya.

1. Makanan Tinggi Kolesterol
Kolesterol sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh, tapi jika kandungan kolesterol yang ada dalam tubuh sudah berlebihan maka hal ini akan berdampak menurunnya kualitas kesehatan anda. Terutama akan mengakibatkan terjadinya penyempitan pada saluran arteri koroner di jantung. Berikut ini beberapa makanan pantangan bagi penderita jantung koroner yaitu makanan hasil olahan dari daging, daging berlemak, daging kambing, jeroan, kepiting, cumi, udang, bebek, belut, susu sapi, kulit ayam, kuning telur dan otak sapi yang kandungan kolesterolnya setara dengan 1 tubuh sapi itu sendiri.

2. Makanan Tinggi Tigliserin
Apa itu tigliserin? tigliserin adalah lemak jahat yang ada dalam tubuh dan bersumber dari beberapa jenis makanan yang kita konsumsi sehari-hari seperti santan, minyak kelapa, margarin, dan minyak goreng. Jika lemak jahat tersebut menumpuk dalam tubuh makan akan memacu terjadinya peningkatan kolesterol jahat.

3. Makanan Dan Minuman Beralkohol
Yang menjadi pantangan penderita jantung koroner bukan hanya minuman beralkohol seperti bir, fanta, coca-cola, wisky dan anggur atau berbagai minuman berenergi. Tapi makana yang memiliki kandungan alkohol juga mesti dihindari diantaranya durian dan tape.

Berikut ini tabel daftar beberapa pantangan makanan lengkap dengan nilai kadar kolesterol serta anjuran yang harus dilakukan oleh seseorang yang sedang menderita sakit jantung koroner.

Daftar Makanan Dengan Kandungan Kolesterol Tinggi
No.Makanan (per 100 gram)Kadar kolesterol (mg)Kategori (anjuran)
1Putih Telur Ayam0Sehat
2Daging Ayam Tanpa Kulit60Sehat
3Daging Bebek Tanpa Kulit50Sehat
4Daging sapi tanpa gajih70Sehat
5Daging kambing tanpa gajih70Sehat
6Ikan70Sehat
7Susu sapi full cream85Sesekali
8Ham (daging asap)98Sesekali
9Iga sapi100Sesekali
10Daging sapi dengan gajih125Sesekali
11Keju100Hati-hati
12Sosis daging150Hati-hati
13Kepiting150Hati-hati
14Udang125Hati-hati
15Kerang160Hati-hati
16Belut185Bahaya
17Coklat290Bahaya
18Mentega250Bahaya
19Jeroan sapi380Bahaya
20Kuning telor550Bahaya
21Jeroan kambing610Bahaya
22Cumi-cumi1170Pantangan
23Otak2000Pantangan
Chanel Youtube Pantangan Makanan

Jika Anda merasa informasi yang admin sampaikan ini bermanfaat, silahkan anda share artikel ini dengan menekan salah satu tombol dibawah ini. Salam sehat!

4 Responses to "Pantangan Makanan Penderita Penyakit Jantung Koroner"