Pantangan Makanan Penderita Penyakit Batu Ginjal

Pantangan Makanan Penderita Penyakit Batu Ginjal- Salam jumpa kawan, Mungkin anda pernah mendengar yang namanya batu ginjal dan berpikir kok bisa ada batu dalam ginjal? tentu saja bisa yaitu hasil dari sisa metabolisme tubuh yang mengendap dalam ginjal kemudian lama-lama menjadi batu.

Faktor utama terjadinya penyakit batu ginjal adalah pola makan yang tidak sehat serta gizi dan nutrisi yang tidak seimbang seperti terlalu banyak konsumsi makanan yang kaya akan kandungan karbohidrat dan protein.
Pantangan Makanan Penderita Penyakit Batu Ginjal

Jika anda sedang mengalami penyakit ini agar penyakit batu ginjal yang anda derita tidak bertambah buruk dan proses pengobatan bisa sukses maka hindarilah beberapa jenis makanan pantangan untuk penderita batu ginjal berikut ini :

1. Karbohidrat Tinggi
Makanan yang mengandung karbohidrat tinggi sangat dilarang untuk dikonsumsi bagi penderita batu ginjal sebab akan memperburuk kondisi ginjal. Contoh makanan tinggi karbohidrat kentang, umbi-umbian, kacang-kacangan, beras, dan gandum.

2. Protein Tinggi
Makanan tinggi protein juga sama harus dihindari oleh penderita batu ginjal sebab dapat menimbulkan beberapa jenis mineral pada urin yang bisa membentuk batu ginjal. Contoh makanan tinggi protein telur, udang, daging kambing, ikan dan ayam.

3. Batasi Kalsium
Batasi konsumsi makanan yang mengandung kalsium seperti susu serta produk olahan susu dan sayuran hijau.

4. Batasi oksalat
Makanan yang mengandung oksalat jika dikonsumsi berlebih bisa membentuk kristal kemudian membentuk batu ginjal. Contoh makanan mengandung oksalat gandum, biji-bijian, teh, coklat, bayam dan strawberry.

5. Batasi konsumsi Vitamin C dan Garam
Oksalat merupakan salah satu yang dihasilkan dari metabolisme Vitamin C jadi jika sedang menderita batu ginjal batasi asupan Vitamin C. Sedangkan jika terlalu banyak garam dalam urin bisa memicu terbentuknya batu ginjal.

Tabel Pantangan Makanan Batu Ginjal
No.Karbohidrat TinggiProtein Tinggi
1KentangTelur
2UmbiUdang
3KacangDaging kambing
4BerasIkan
5GandumAyam

Ginjal merupakan organ penting dalam tubuh, jadi jika terdapat batu ginjal proses penyembuhan harus secepatnya dilakukan salah satunya untuk menunjang pengobatan yang lebih efisien yaitu dibarengi dengan menjaga pantangan makanan untuk penyakit batu ginjal. Terimakasih telah berkunjung, semoga bermanfaat dan tidak lupa klik dulu tobol share dibawah ini. Salam sehat! 

2 Responses to "Pantangan Makanan Penderita Penyakit Batu Ginjal"

  1. alhamdulilah dapat pengetahuan baru, semoga berkah ya gan :)

    http://blogobattasik.com/obat-tradisional-batu-ginjal/

    BalasHapus
  2. apakah nasi putih dan beras merah juga termasuk pantangan penderita batu ginjal?
    lalu bagaimana dengan nenu lauk tempe dan tahu yang dikukus tanpa digoreng? mohon pecerahan min. Terimakasih sebelumnya.

    BalasHapus