Pantangan Makanan penderita Penyakit Sinusitis

Pantangan Makanan penderita Penyakit Sinusitis- Salam jumpa kawan, Sinusitis adalah infeksi yang terjadi pada nodul tiroid disekitar saluran antara hidung dan mata yang mengakibatkan bengkak, hidung tersumbat dan sakit kepala.

Gejala sinusitis hampir mirip dengan flu jadi sering kali banyak orang keliru dalam mengambil langkah pencegahaan dan upaya pengobatanya. Penderita sinusitis biasanya akan mengalami gejala seperti hidung tersumbat, sakit kepala, sakit disekitar rahang dan mata, tubuh terasa demam, kemudian hidung mengeluarkan lendir kekuningan berbau busuk.

Infeksi sinusitis dapat menyerang siapa saja terutama pada orang yang kekebalan tubuhnya sedang menurun atau bisa juga terhadap seseorang yang tidak menerapkan pola hidup sehat dan tidak menjalankan pola makan yang sehat juga.

Bagi anda yang sudah terlanjur menderita sinusitis, hal terbaik yang bisa anda lakukan adalah dengan konsumsi obat yang telah terbukti berkhasiat dan telah melalui rekomendasi dokter kemudian dibarengi dengan menerapkan pola makan sehat serta menjauhi beberapa pantangan makanan bagi penderita penyakit sinusitis berikut ini :

1. Makanan Dan Minuman Dingin
Berbagai makanan dan minuman yang disajikan dalam keadaan terlalu dingin seperti es krim dan berbagai aneka softdrink walau tidak mempengaruhi intensitas infeksi sinus ,tapi dapat menyebabkan rasa nyeri dikepala terutama pada tulang pipi kemudian menyebabkan penebalan lendir yang keluar dari hidung.

2. Produk Makanan Dari Susu
Walau masih dalam perdebatan, susu dan produk olahanya seperti keju dan yogurt jika dikonsumsi oleh penderita penyakit sinus akan mempengaruhi pembentukan serta penebalan dahak yang meningkatkan rasa tidak nyaman pada penderita. Jadi jenis makanan ini sebaiknya dihindari.

3. Makanan Pedas
Makanan pedas tidak semuanya berdampak buruk pada penderita sinusitis. Ada sebagian penderita yang merasa terbantu setelah konsumsi makanan pedas banyak keluar lendir dari hidung dan saluran sinus menjadi bersih. Tapi pada sebagian orang lagi justru berdampak sinus menjadi lebih buruk, jadi sebaiknya hindari jenis makanan pedas tersebut.

4. Minuman Berkafein
Konsumsi minuman berkafein bisa menyebabkan terjadinya dehidrasi pada penderita sinusitis. Hal ini bisa menyebabkan hidung semakin tersumbat kemudian kesulitan mengeluarkan lendir dari hidung dan sinusitis menjadi bertambah buruk.

5. Alkohol
Berbagai jenis minuman beralkohol jelas menjadi pantangan bagi penderita sinusitis sebab sama halnya seperti kafein bisa menyebabkan dehidrasi. Sedangkan cairan sangat dibutuhkan oleh tubuh agar lendir bisa mengalir dan terbuang dari dalam saluran sinus.

Pantangan Makanan Penyakit Sinusitis
No.PantanganJenis
1Aneka Makanan DingingEs krim, softdrink
2Produk Olahan Susususu, yogurt, keju, mentega
3Makanan Pedascabai, pala, merica
4Kafeinkopi
5Alkoholbir, anggur, wine

Itulah beberapa jenis makanan pantangan sinusitis yang sebaiknya dihindari oleh anda yang menderita infeksi sinus dan lakukan pengobatan yang tepat agar penyakit bisa segera sembuh. Jika informasi ini menurut anda bermanfaat jangan lupa untuk berbagi dengan cara klik tombol share dibawah ini. Terimakasih atas kunjungannya dan salam sehat!

5 Responses to "Pantangan Makanan penderita Penyakit Sinusitis"