Pantangan Makanan Penderita Penyakit Tipes

Pantangan Makanan Penderita Penyakit Tipes - Salam jumpa lagi kawan, pada kesempatan kali ini seperti biasa kami akan berbagi informasi seputar pantangan makanan bagi penderita suatu penyakit. Saat ini akan  mengangkat tema berkaitan dengan penyakit tipes. Tipes merupakan salah satu jenis penyakit yang sering menyerang manusia terutama banyak ditemukan pada orang Indonesia, hal ini terjadi disebabkan kurangnya kualitas kebersihan pada makanan dan minuman yang dikonsumsi, bisa juga karena sistem pembuangan kotoran atau sanitasi yang tidak baik sehingga memudahkan bakteri salmonella berkembang biak dengan cepat.
Pantangan Makanan Penderita Penyakit Tipes

Bagi penderita sakit tipes asupan makanan sangat penting untuk menunjang proses penyembuhan, tapi perlu digaris bawahi tidak semua jenis makanan baik dikonsumsi oleh penderita penyakit tipes. Makanan yang baik untuk mempercepat proses penyembuhan tipes adalah yang kadar seratnya rendah, tidak merangsang saluran pencernaan. Berikut ini beberapa pantangan makanan penderita penyakit tipes :

1. Makanan Serat Tinggi
Pada orang normal makanan yang memiliki serat tinggi tentu saja sangat baik dikonsumsi sebab serat yang dihasilkan dari makanan tersebut sangat dibutuhkan tubuh. Tapi lain halnya untuk penderita sakit tipes makanan kayak serat seperti sawi, daun singkong, kangkung, bayam, daun katuk, dan pare wajib untuk dihindari karena kalau terjadi kerusakan pada usus yang serius penderita tipes akan mengalami infeksi menyeluruh dan tidak sadarkan diri.

2. Makanan Serba Pedas
Makanan pedas memang terasa nikmat ketika dikonsumsi, ada sebagian orang kalau tidak konsumsi makanan pedas satu hari saja seperti ada yang kurang. Tahukah anda? makanan yang serba pedas selain tidak baik untuk penderita maag ternyata tidak baik juga bagi penderita penyakit tipes, bahkan pakar kesehatan memasukan makanan pedas kedalam daftar makanan berbahaya bagi penderita tipes. Beberapa jenis makanan yang serba pedas yaitu cabe, saus pedas, kecap pedas, bakso, dan mie ayam.

3. Makanan Serba Asam
makanan serba asam seperti makanan yang diawetkan, jeruk, salak, asam jawa, apel, dan belimbing harus dihindari oleh penderita penyakit tipes sebab jika anda memakannya maka penyakit akan bertambah parah dan proses penyembuhan berjalan lebih lama.

4. Minuman Beralkohol
Sudah jelas minuman beralkohol tidak baik untuk kesehatan bahkan bagi orang sehat sekalipun apalagi yang menderita penyakit tipes jika memaksakan konsumsi minuman beralkohol maka akan menyebabkan kematian.

5. Minuman Bersoda
Bukan hanya minuman beralkohol, penderita tipes juga harus menghindari konsumsi jenis minuman bersoda sebab karbonasi soda dalam perut bisa menyebabkan kadar keasaman lambung naik dan menyebabkan kematian.

6. Kopi
Minum kopi ketika sakit tipus sangat berbahaya, sebab ketika usus sedang terluka kemudian terkena kopi yang memiliki kadar keasaman tinggi maka lapisan mukosa dalam usus bisa tergerus kemudian terjadi pendarahan dan bisa mengakibatkan kematian.

7. Makanan Berserat Kasar
Makanan yang memiliki serat kasar harus dihindari oleh penderita sakit tipes, karena akan susah untuk dicerna oleh usus yang sedang terluka. Berikut beberapa Makanan berserat kasar daging babi, telur mata sapi, telur dadar, daging ayam dan ikan yang diawetkan.

8. Beberapa Jenis Buah
Ternyata tidak semua buah baik bagi penderita tipes jenis buah yang harus dihindari adalah buah yang dimakan dengan kulitnya sepreti apel, jambu biji dan pir.

9. Kacang-Kacangan
Beberapa jenis kacang-kacanga juga tidak boleh dikonsumsi penderita tipes yaitu kacang hijau, kacang kedelai, dan kacang tanah.

Tabel Pantangan Makanan Penyakit Tipes
No.PantanganContoh
1Tinggi seratkangkung, sawi, daun singkong, bayam, daun katuk, pare
2Makanan PedasCabe, saus pedas, kecap pedas, mie pedas
3Makanan AsamJeruk, salak, asam jawa, apel, belimbing
4Alkohol, kafein, sodaKopi, coca cola, bir dll
5Makanan Berserat KasarIkan diawetkan, Daging babi, telur dadar, daging ayam.
6Kacang-kacanganKacang hijau, kacang kedelai, kacang tanah

Konsumsi nutrisi yang tepat akan mempercepat proses penyembuhan sakit tipes, untuk itu hindari beberapa pantangan makanan untuk penderita sakit tipes diatas dan perbanyak istirahat. Bagi yang sedang menderita sakit tipes semoga lekas sembuh dan buat anda yang telah membaca artikel ini jika memang bermanfaat buat anda tidak salahnya berbagi dengan orang lain informasi ini dengan cara share. Salam sehat!

12 Responses to "Pantangan Makanan Penderita Penyakit Tipes"

  1. thanks atas infonya, ditunggu artikel yang lainnya

    http://obatnyapenyakit.com/obat-alami-penyakit-tipes/

    BalasHapus
  2. Oya makasi infonya,dan apakah makanan dlm pantangan di atas boleh di konsumsi stelah sembuh? Please reply soalnya my litle girl br sembuh dr tipes 1 bln lalu

    BalasHapus
  3. maaf min, cuma mau menambahkan
    http://www.pantangan.com/makanan-pantangan-penyakit-tipes-yang-patut-dihindari/
    Pantangan Tipes

    BalasHapus
  4. Thanks..infonya sangat berguna bagi sy yang lagi kena tipes saat ini

    BalasHapus
  5. Thanks..infonya sangat berguna bagi sy yang lagi kena tipes saat ini

    BalasHapus
  6. Sangat bermanfaat tapi memang tidak mudah memilih makanan sesuai selera bagi penderita tipes

    BalasHapus
  7. Makan bala" boleh ga,saya baru enakan sih badan udh ga panas udah ga pusing..laper terus...

    BalasHapus
  8. Infonya bagus buat aku yang baru sembuh dari tipes. Makasih infonya

    BalasHapus
  9. Bayam,kacang kedelai kata nya bagus untuk tipes,tp knpa artikel ini melarang..why?

    BalasHapus