Pantangan Makanan Penderita Penyakit Campak

Pantangan Makanan Penderita Penyakit Campak- Salam jumpa lagi Kawan, Senang sekali admin masih diberi kesempatan untuk berbagi informasi mengenai berbagai makanan pantangan bagi seseorang yang sedang menderita suatu penyakit. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang pantangan makanan untuk penderita campak.

Penyakit campak disebabkan adanya infeksi pada tubuh oleh virus paramixovirus yang dimulai dengan adanya demam, batuk, konjungtivitas kemudian muncul ruam pada kulit yang melepuh dan menyebabkan rasa gatal. Karena penyakit ini disebabkan infeksi virus maka dapat dipastikan akan menular dari penderita ke orang disekitarnya biasanya melalui media air liur yang tertelan ketika sedang berbicara. Jadi jika ada anggota keluarga yang terkena campak kontak dengan orang disekitar harus dimimalisir/ harus dijauhkan terutama anak-anak yang belum di imunisasi campak.
Pantangan Makanan Penderita Penyakit Campak

Untuk mempercepat proses penyembuhan penyakit campak pasien harus banyak istirahat, hindari angin dan konsumsi makanan yang kaya akan gizi, nutrisi dan protein. Pada dasarnya semua makanan boleh dikonsumsi penderita campak asal mudah dicerna agar tidak terjadi radang pada saluran pencernaan, akan tetapi ada beberapa jenis makanan pantangan untuk campak yang harus dihindari sebab jika dikonsumsi akan menyebabkan rasa gatal dan luka pada kulit lebih lama untuk kering. Berikut ini pantangan makanan bagi penyakit campak :

1. Gorengan
Makanan yang digoreng akan menyebabkan luka ruam pada kulit lama untuk kering, jadi makanan jenis ini harus diminimalisir bahkan kalau bisa dihentikan.

2. Makanan Pedas
Makanan jenis ini hampir sama dengan makanan yang digoreng bisa menyebabkan iritasi pada kulit, selain itu makanan pedas bisa menimbulkan rasa gatal pada kulit yang terluka.

3. Makanan Asin
Konsumsi makanan yang asin akan menimbulkan rasa gatal kemudian ruam akan semakin parah dan susah untuk sembuh atau kering.

4. Kecap
Jika konsumsi kecap saat terkena campak akan menyebabkan bekas ruam menjadi hitam.

5. Minuman dingin
Jangan konsumsi minuman berair karena itu tidak baik bagi radang yang anda derita.

6. Telur
Hindari konsumsi telur sebab bisa memperburuk kondisi ruam pada kulit.

Tabel Pantangan Makanan Penyakit Campak
No.PantanganContoh
1GorenganBala-bala, goreng ayam, goreng pisang dll.
2Makanan PedasRujak, Bakso, sambal
3Makanan Asinikan asin, telur asin
4KecapKecap manis, kecap pedas
5Minuman Dingines krim, es cendol, es doger
6TelurTelur ayam, telur puyuh, telur bebek

Pantangan makanan campak hampir sama dengan pantangan makanan penyakit cacar air terutama hindari makanan asin, pedas dan gorengan. Kemudian perbanyak asupan makanan bergizi tinggi terutama air kelapa hijau sangat baik untuk penderita campak. Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat anda dan jangan lupa untuk klik tombol share dibawah ini. Terimakasih sudah berkunjung, salam sehat!

0 Response to "Pantangan Makanan Penderita Penyakit Campak"

Posting Komentar