Pantangan Makanan Penderita Penyakit Hepatitis B

Pantangan Makanan Penderita Penyakit Hepatitis B - Salam jumpa lagi kawan, Penyakit Hepatitis B merupakan salah satu jenis penyakit menular yang harus ditangani secepatnya serta sedini mungkin, agar penyakit tersebut tidak bertambah buruk bagi kesehatan penderitanya selain itu juga tidak menjangkit anggota keluarga yang lainnya.

Penyakit Hepatitis B atau penyakit hati terjadi akibat adanya kerusakan organ hati (liver) yang disebabkan oleh virus HBV (Hepatitis B Virus). Diperkirakan hingga saat ini sebanyak 2 milyar orang di dunia pernah terinfeksi virus Hepatitis B.

Agar proses pengobatan berjalan dengan cepat dan lancar, penderita penyakit hepatitis B harus benar-benar memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi. Hindarilah makanan yang sekiranya bisa memperburuk kondisi kesehatan Anda, Sebagai bahan pertimbangan berikut ini kami sajikan informasi jenis makanan yang menjadi pantangan untuk penderita Hepatitis B :

1. Makanan Yang Menimbulkan Gas
Berbagai makanan yang jika dikonsumsi akan menimbulkan gas sebaiknya dihindari oleh penderita hepatitis B yaitu durian, nangka, kool, sawi, mentimun, lobak, kacang merang dan ubi.

2. Bumbu Masakan Yang Mengakibatkan Panas
Berbagai jenis bumbu masakan yang memiliki aroma dan rasa yang tinggi akan menimbulkan panas sehingga tidak baik untuk hati yang sedang terluka karena virus Hepatitis B. Bumbu-bumbu tersebut diantaranya cabai, bawang bombai, lada, jahe dan cuka.

3. Makanan Tinggi Lemak
Cukup banyak saat ini makanan yang nilai kandungan lemaknya tinggi seperti daging kambing, daging babi, jeroan, es krim, susu full cream,keju, margarin, makanan berminyak dan makanan bersantan. Makanan olahan dari bahan tersebut pantang dikonsumsi oleh penderita sakit Hepatitis B.

4. Makanan Dengan Karbohidrat Olehan
Permen, roti dan es krim salah satu makanan dengan karbohidrat olahan, makanan jenis ini memiliki kandungan glukosa tinggi sehingga jika dikonsumsi oleh penderita Hepatitis B akan memperburuk kesehatan hati.

5. Makanan Tinggi Kalori
Kue atau cemilan seperti kue tart, gorengan, fast food dan lain-lain memiliki kandungan kalori tinggi sehingga tidak baik untuk penderita penyakit hepatitis B.

6. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan sebenarnya salah satu makanan tinggi protein yang baik untuk tubuh, tapi selain itu ternyata kacang-kacangan bisa membuat pembuluh darah menjadi panas jadi sebaiknya jangan dikonsumsi penderita Hepatitis B.

7. Minuman Bersoda Dan Beralkohol.
Seperti yang anda ketahui minuman ini tidak baik untuk siapapun apalagi bagi penderita hepatitis B.

Tabel Pantangan Makanan Hepatitis B
No.PantanganJenis Makananya
1Makanan Yang Menimbulkan GasDurian, nangka, kool, sawi, lobak, kacang merang, ubi
2Bumbu MasakanCabai, bawang bombai, bawang merah, bawang putih, lada, jahe, cuka
3Makanan Lemak TinggiDaging kambing, daging babi, jeroan, es krim, susu full cream, keju, minyak, margarin, santan
4Makanan dengan Karbohidrat olahanpermen, roti, es krim
5Makanan Tinggi KaloriGorengan, kue tart, fast food
6Kacang-KacanganBerbagai jenis kacang yang bisa menimbulkan panas pada pembuluh darah
Semoga Informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat untuk saudara yang sedang tekena penyakit Hepatitis B semoga lekas sembuh dan hindarilah berbagai pantangan makanan bagi penderita sakit hepatitis B yang kami sampaikan diatas. Jika sekiranya artikel ini bermanfaat tidak ada salahnya anda bagikan ke orang lain dengan cara klik salah satu tombol share dibawah ini. Salam sehat!

3 Responses to "Pantangan Makanan Penderita Penyakit Hepatitis B"

  1. infonya keren banget gan

    http://obathepatitisb.infosehatalami.com/cara-penularan-penyakit-hepatitis-b/

    BalasHapus
  2. allhamdulilah dapet pengetahuan baru

    http://obathepatitisb.infosehatalami.com/makanan-sehat-untuk-penderita-hepatitis-b/

    BalasHapus
  3. nambahin artikel sejenis
    http://www.pantangan.com/inilah-daftar-makanan-pantangan-penyakit-hepatitis/

    BalasHapus