8 Hal Akan Terjadi Jika Berhenti Minum Kopi

Pantangan Makanan - Seseorang yang sudah terbiasa minum kopi tiap hari, lalu memutuskan berhenti konsumsi karena berbagai alasan tertentu yang mengubah hidupnya. Maka satu perubahan tersebut akan diikuti oleh perubahan yang lainnya.

8 Hal Akan Terjadi Jika Berhenti Minum Kopi
Ada setidaknya 8 hal yang akan terjadi pada tubuh penikmat kopi ketika memutuskan berhenti konsumsi seperti yang di lansir laman Prevention berikut ini:

1. Rasa tak menyenangkan

Juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics, Wesley Delbridge mengungkapkan bahwa orang yang tiap hari rutin minum kopi, jika kemudian hari ingin berhenti makan akan merasa kelelahan, sakit kepala, dan perubahan suasanan hati.

2. Berat badan turun

Wesley mengungkapkan "Saya rasa rata-rata orang tidak menyadari berapa banyak kalori dari makanan lain yang masuk sambil minum kopi." Misalnya sampil makan kue, kacang-kacangan, pisang goreng atau makanan lainnya sambil minum kopi. Ketika mulai menghentikan kebiasaan ngopi, maka berat badan akan turun.

3. Berat badan bertambah

Kafein didalam kopi merupakan penekan nafsu makan yang cukup kuat. Jika seseorang mulai menghentikan konsumsi kopi maka akan membuat lapar lebih cepat, kemudian banyak makan dan terjadilah penambahan berat badan.

4. Tidur lebih banyak dan beenergi

Saat tidak lagi konsumsi kopi, orang cenderung lebih banyak tidur yang berkualitas dibandingkan dengan orang yang sering konsumsi kopi walau sedikit. Tidur yang berkualitas akan membuat tubuh lebih berenergi.

5. Lebih Tenang

Kafein merupakan stimulan yang akan membuat sistem saraf bekerja lebih keras. Kafein juga bersifat vasokonstriktor yang dapat membuat pembuluh darah menyempit dan tekanan darah meningkat. Wesley menerangkan "Ketika tubuh tak lagi mengkonsumsi kafein, rasa cemas dan stres akan lebih berkurang."

6. Performa olahraga berkurang

American College of Sports Medicine mengatakan bahwa kafein dapat meningkatkan performa dan intensitas olahraga. Saat tak lagi minum kopi maka tubuh akan terasa lebih lemas.

7. Perut lebih nyaman

Kopi memiliki kandungan asam, hal ini dapat membuat perut terasa ingin buang air besar usai meminumnya. Saat Anda memutuskan berhenti minum, maka perut akan terasa lebih nyaman.

8. Kehilangan sumber antioksidan

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh University of Scranton, kopi merupakan sumber antioksidan nomor satu bagi masyarakat di kawasan Amerika Serikat. Rajin konsumsi makanan dan minuman yang kaya akan antioksidan  bermanfaat besar agar terhindar dari resiko berbagai macam penyakit seperti tekanan darah tinggi dan kanker. Tapi, harus Anda ingat banyak juga sayur dan buah yang memiliki kandungan antioksidan tinggi. Jadi jika berhenti merokok tidak usah khawatir akan kehilangan sumber antioksidan.

0 Response to "8 Hal Akan Terjadi Jika Berhenti Minum Kopi"

Posting Komentar