Pantangan Makanan Ibu Hamil

Pantangan Makanan Ibu Hamil- Salam jumpa lagi kawan, memiliki keturunan adalah dambaan setiap pasangan yang telah berumah tangga terutama rasa bahagia dirasakan oleh seorang wanita sebab dia yang akan menjalani masa kehamilan tersebut. Berbagai informasi tentang kehamilan harus dimiliki terutama bagi seorang istri yang baru pertama kali menjalani masa kehamilan agar bayi terlahir dalam keadaan sehat tidak kurang suatu apapun.

Memiliki bayi yang terlahir sehat menjadi harapan setiap ibu hamil, untuk itu pada masa kehamilan seorang wanita dituntut untuk menjaga pola hidup sehat dan memenuhi asupan nutrisi dan gizi sebagai salah satu upaya untuk mendukung perkembangan janin yang sehat saat dalam kandungan ataupun ketika dilahirkan.
Pantangan Makanan Ibu Hamil

Asupan makanan sehat saat hamil sangat penting sekali, sebab hal ini berpengaruh besar terhadap pertumbuhan janin jika salah konsumsi makanan maka pertumbuhan bayi akan terganggu dan bayi bisa-bisa terlahir dengan kondisi yang kurang baik. Untuk itu berikut ini kami sajikan informasi lengkap tentang pantangan makanan bagi ibu hamil :

1. Makanan Mentah
Segala makanan yang disajikan dalam keadaan mentah baik berasal dari sayuran maupun hewan memiliki resiko tinggi untuk memicu gangguan kesehatan saat hamil, contoh :
  • Telur mentah : Konsumsi telur mentah terutama saat hamil muda sebaiknya dihindari sebab membawa resiko terjangkit bakteri salmonela yang terdapat dalam telur mentah atau telur setengah matang.
  • Daging mentah : Makan daging saat hamil sebaiknya melalui proses masak yang benar jangan sampai konsumsi daging setengah matang atau bahkan masih mentah sebab dapat membawa resiko bakteri toksoplasmosis, listeria dan salmonela.
  • Kerang mentah : Makanan ini akan meningkatkan resiko keracunan yang bisa membahayakan ibu hamil dan janin yang sedang dikandung.
  • Salad : Salad yang dikemas dapat membawa resiko listeria dan toksoplasmosis.
  • Buah : buah mentah seperti nanas tidak boleh dikonsumsi saat hamil sebab dapat menggugurkan kandungan.

2. Ikan
Ikan sebenarnya baik untuk kesehatan janin, tapi ada beberapa jenis ikan yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil seperti :
  • Sushi : yaitu ikan yang disajikan dalam keadaan mentah sebab bisa mengandung bakteri, virus dan parasit yang mengganggu perkembangan janin.
  • Ikan mengandung Merkuri tinggi : ikan mackerel, ikan todak, tilefish dan kerang harus dihindari sebab kandungan merkuri didalamnya dapat mengganggu perkembangan otak dan sistem saraf janin.

3. Minuman
  • Alkohol : Minuman beralkohol bisa menghambat asupan nutrisi untuk janin dan kebutuhan oksigen janin juga akan terhambat. Hal ini akan berdampak bayi terlahir dengan keterbelakangan IQ dan cacat fisik.
  • kafein : untuk wanita pecinta kopi sebaiknya ketika hamil hindari minuman ini sebab zat kafein dalam kopi dapat meningkatkan detak jantung ibu hamil dan jantung bayi dalam kandungan, kopi juga bisa mengurangi kemampuan tubuh menyerap zat besi serta bisa meningkatkan resiko keguguran.

4. Keju
Keju lunak dan berbahan susu kambing menjadi makanan pantangan ibu hamil sebab dikhawatirkan menyebabkan keguguran karena keju tersebut mengandung listeria dan toksoplasmosis. Contoh keju lunak camembert, brie, dan stilton.

5. Kalori berlebih
Kalori sangat dibutuhkan oleh wanita hamil tapi dalam porsi yang tepat hal ini untuk menghindari kegemukan saat mengandung janin juga untuk menghindari bayi terlahir dengan berat badan berlebih dan terhindar dari resiko diabetes pada bayi.

6. kacang-kacangan
Segala produk yang mengandung kacang seperti bumbu sate dan selai kacang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil sebab dikhawatirkan akan menimbulkan alergi kemudian bisa menyebabkan asma atau eksim.

7. Susu
Jenis susu yang tidak dipasteurisasi seperti susu kambing sangat berbahaya jika dikonsumsi ibu hamil sebab susu tersebut menjadi sebab listeria atau toksoplasmosis yang berbahaya bagi ibu hamil dan janin. susu sapi yang diambil langsung dari peternak juga jadi pantangan makanan saat hamil. Jadi pilih susu yang telah diformulasi khusus bagi ibu hamil.

Tabel Pantangan Makanan Ibu Hamil
No.PantanganJenis
1Makanan MentahTelur mentah, Daging mentah, kerang mentah, salad, nanas
2Ikanmackerel, ikan todak, tilefish, kerang dan sushi
3MinumanAlkohol dan kopi
4Produk susuSusu kambing, susu sapi langsung dari petani, keju lunak dari susu kambing, camembert, brie, stilton
5Lain-lainKacang-kacangan, rokok, obat tanpa resep dokter.
Semoga apa yang admin jelaskan diatas bermanfaat buat anda yang sedang menjalani masa kehamilan, hindari beberapa pantangan makanan saat hamil tersebut agar buah hati anda terlahir dengan keadaan sehat. Terimakasih atas kunjungannya dan jangan lupa untuk share artikel ini dengan cara klik salah satu tombol dibawah. Salam sehat!

0 Response to "Pantangan Makanan Ibu Hamil"

Posting Komentar