Ternyata Bukan Garam Penyebab Hipertensi Tapi Gula

Pantangan Makanan - Selama bertahun-tahun para ahli kesehatan menyarankan masyarakat agar memangkas jumlah asupan garam dengan konsumsi tidak lebih dari satu sendok teh sehari. Namun, belum lama ini semua ahli dalam bidang medis dari New York dan Kansas sedang menyoroti hasil penelitian terbaru yang menemukan bahwa garam tidak ada hubungannya dengan hipertensi, tetapi Gula yang meningkatkan resiko tekanan darah tinggi.

Ternyata Bukan Garam Penyebab Hipertensi Tapi Gula
Kadar gula yang cukup tinggi bisa mempengaruhi area otak, hipotalamus dan menyebabkan denyut jantung lebih cepat serta tekanan darah meningkat.

Dalam sebuah artikel yang dipublikasikan oleh American Journal of Cardiology yang dipimpin oleh Dr. James DiNicolantonio pernah mengungkapan kecurigaannya bahwa gula merupakan penyebab tekanan darah tinggi.

"Mengurangi asupan garam dapat meningkatkan risiko diabetes, obesitas, dan penyakit kardiovaskuler. Karena garam berhubungan dengan peningkatan jumlah lemak tertentu dalam darah. Tapi kelebihan gula anehnya berisiko sebabkan hipetensi," Kata James.

Sedangkan disisi yang lain, ahli jantung Dr. Aseem Malhotra menjelaskan, risiko gangguan kesehatan yang ditimbulkan oleh konsumsi gula berlebih jangan dianggap remeh. Gula tidak memiliki nutrisi dan menjadi faktor risiko munculnya berbagai penyakit.

Tapi seorang ahli dalam dunia kedokteran kardiovaskular di Gueen Mary, University of London, Prof. Graham McGregor mengatakan bahwa bukti gula lebih berisiko timbulkan penyakit dibanding garam dalam hal sebabkan hipetensi masih belum cukup kuat. Prof. Graham menilai dan berharap akan ada penelitian lebih lanjut terkait dengan hal ini.

0 Response to "Ternyata Bukan Garam Penyebab Hipertensi Tapi Gula"

Posting Komentar