Pantangan makanan penderita penyakit cacar air

Pantangan makanan penderita penyakit cacar air- Salam jumpa kawan, Semua orang pasti pernah mengalami yang namanya sakit cacar air minimal sekali seumur hidupnya. Tahukah Anda penyakit ini bisa menyerang siapapun mulai dari anak-anak hingga orang yang sudah dewasa.

VSV atau Virus Varicella Zoster adalah virus penyebab terjadinya penyakit cacar air yang menyebabkan muncul ruam pada kulit, kulit melepuh, timbul rasa gatal, tubuh terasa kelelahan, demam dan tubuh menjadi lemas.
Pantangan makanan penderita penyakit cacar air

Banyak yang mengira penyakit ini tidak berbahaya, tetapi jika salah menanganinya penyakit ini bisa mematikan penderitanya. Cacar air merupakan salah satu jenis penyakit yang bisa menular dengan periode inkubasi 10-12 hari.

Dalam masa periode inkubasi seorang penderita cacar air harus dirawat secara intensif dan benar-benar diperhatikan asupan nutrisinya. Agar proses penyembuhan berjalan lancar disarankan hindari beberapa pantangan makanan bagi penderita penyakit cacar dibawah ini :

1. Makanan Asin
Berbagai jenis makanan yang memiliki rasa asin jika dikonsumsi penderita cacar air akan menyebabkan rasa gatal berlebih dan menyebabkan bekas luka, jadi hindarilah makanan jenis ini.

2. Makanan Pedas
Makanan yang memiliki rasa pedas akan menimbulkan rasa gatal, membuat peradangan pada kulit semakin parah, memicu iritasi pada kulit dan bisa menyebabkan bekas luka susah untuk kering.

3. Makanan Olahan Dari Susu
Berbagai jenis makanan olahan dari bahan susu jangan dikonsumsi oleh penderita cacar air, sebab menyebabkan kulit lebih berminyak kemudian luka dikulit sulit untuk sembuh. Contoh makanan dari susu yogurt, keju, mentega, dan eskrim.

4. Daging Merah
Daging merah adalah makanan yang bisa menyebabkan suhu tubuh panas, jadi untuk penderita sakit cacar agar tubuh tetap dingin dan terhindar dari infeksi sebaiknya hindari makanan jenis ini.

5. Junk Food
Makan junk food saat menderita cacar air akan membuat luka tidak mudah sembuh, selain itu kandungan nutrisi dalam makanan ini juga tidak bisa memenuhi kebutuhan tubuh.

6. Gorengan
Segala macam makanan yang digoreng pasti akan mengandung minyak, terlalu banyak makanan jenis ini akan memperburuk kondisi kulit anda yang terkena cacar. Sebaiknya konsumsi makanan yang cara penyajianya dikukus atau direbus.

7. Buah Citrus
Konsumsi serat dari buah-buahan sangat disarankan, tapi hindari aneka jeruk sebab kaya akan asam yang dapat memicu reaksi iritasi dan bisa membuat kulit gatal.
Tabel Pantangan Makanan Penyakit Cacar Air

No.Pantangan MakananContoh
1Makanan Asinmakanan kaleng, ikan asin
2Makanan PedasSeblak, Rujak, Rendang
3Olahan SusuYougart, keju, mentega
4Daging merahDaging, sapi, daging kambing
5Gorenganberbagai aneka gorengan
6Buah citrusjeruk

Asupan nutrisi yang tepat dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan proses penyembuhan dari penyakit cacar air akan berjalan lebih baik dan lebih cepat. Untuk itu hidari berbagai makanan pantangan untuk penderita cacar air diatas dan istirahatlah yang cukup. Semoga informasi ini bermanfaat dan jangan lupa share kembali artikel ini dengan cara klik salah satu tombol dibawah. Salam sehat!

0 Response to "Pantangan makanan penderita penyakit cacar air"

Posting Komentar