Ternyata Garam Bukan Penyebab Hipertensi?

Pantangan Makanan - Dalam sebuah penelitian terbaru yang melibatkan 8.670 orang warga Perancis ditemukan bahwa konsumsi garam dan tekanan darah tinggi atau hipertensi ternyata tidak ada kaitannya.
Ternyata Garam Bukan Penyebab Hipertensi?

Hasil penelitian ini tentu saja mengejutkan para ahli penyakit yang saat ini sedang menggalakan kampanye peringatan bahaya garam bagi peningkatan resiko hipetensi. Penelitian di perancis justru menilai Indeks Massa Tubuh (BMI) menjadi penyebab tekanan darah tinggi.

"Asumsi bahwa garam menyebabkan tekanan darah tinggi itu terlalu berlebihan. Pasien yang hipetensi (memiliki tekanan darah tinggi) justru cenderung dipengaruhi gaya hidup konsumsi alkohol, usia, dan yang paling penting indeks massa tubuh (BMI)," Ungkap peneliti.

Sedangkan berbanding terbalik dengan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) di Amerika Serikat yang mengeluarkan peringatan bahwa sembilan dari 10 anak sekolah di AS mengkonsumsi garam secara belebih.

"Hampir semua anak senang mengkonsumsi makanan olahan seperti pizza, roti, makanan ringan, sandwich, keju, daging olahan, daging ayam olahan, pasta, sup dan hidangan meksiko. Laporan ini mengindikasikan satu dari enam anak beresiko mengalami hipertensi," kata peneliti di AS.

Dengan adanya hasil penelitian yang mengejutkan dilakukan oleh peneliti perancis tersebut, juru bicara CDC Janelle Gunn mengungkapkan akan mempertimbangkan bukti penelitian sebab sejauh ini penelitian ilmiah kebanyakan cenderung lebih menitikberatkan garam yang bisa meningkatkan risiko tekanan darah tinggi.

1 Response to "Ternyata Garam Bukan Penyebab Hipertensi?"

  1. thanks atas infonya, ditunggu artikel yang lainnya

    http://obat-alami.info/obat-tradisional-diabetes-melitus/

    BalasHapus