Tips Cegah Penyakit Ketika Banjir

Pantangan Makanan - Banjir memang bikin repot, aktivitas masyarakat akan terganggu seperti terjadinya kemacetan, sulitnya air bersih. Selain itu Banjir juga dapat menyebabkan timbulnya berbagai macam penyakit seperti DBD, Leptospirosis, diare, dan ISPA.
Tips Cegah Penyakit Ketika Banjir

Agar tidak terjangkit penyakit hal yang paling utama harus dilakukan masyarakat yang terkena banjir adalah menjaga prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

"Dengan makan atau minum yang baik dan bersih, selalu makan makanan yang sudah dimasak. Jangan jajan sembarangan, istirahat yang cukup, tetap upayakan kebersihan diri dan lingkungan, jangan buang sampah sembarangan, dan senantiasa melakukan cuci tangan pakai sabun (CTPS)," kata Prof. dr. Tjandra Yoga Aditama SpP(K), MARS, DTM&H seorang Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Lebih lanjut lagi dr. Tjandra mengatakan, untuk CTPS dapat dilakukan masyarakat sebelum makan, sebelum mengolah makanan, setelah BAB, setelah menyeboki anak, dan bisa juga setelah memegang benda pada lingkungan yang kotor atau setelah memegang hewan peliharaan.

Ketika terjadi banjir, dr. Tjandra juga menghimbau masyarakat agar menjaga kebersihan lokasi pengungsian. Baik kebersihan pengolahan sampah, pengolahan limbah cair, BAB dan BAK di tempat yang sudah disediakan di tempat pengungsian. Tempat pengungsian juga harus memprioritaskan tempat yang lebih baik bagi anak balita beserta orang tuanya.

Dr. Tjandra juga menjelaskan "Sebaiknya makanan segar agar segera dikonsumsi. Selain itu, kalau ada keluhan kesehatan berkepanjangan, segera hubungi petugas kesehatan yang ada."

Saat banjir terjadi air menjadi kotor dan keruh, bahkan bisa juga berlumpur. Dalam mengarungi air banjir disarankan memakai sepatu boot dan pelindung tangan, supaya kulit tangan dan kaki sedikit mungkin untuk kontak dengan kotoran yang pasti terbawa air banjir.

0 Response to "Tips Cegah Penyakit Ketika Banjir"

Poskan Komentar