Pantangan Makanan Penderita Penyakit Kolesterol

Pantangan Makanan Penderita Penyakit Kolesterol- Salam jumpa lagi kawan, Pada artikel ini admin akan berbagi informasi tentang makanan pantangan bagi penderita kolesterol tinggi, semoga bermanfaat buat anda terutama bagi yang sedang menderita salah satu penyakit berbahaya ini.

Kolesterol merupakan salah satu jenis lemak yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam memproduksi beberapa jenis hormon, normalnya manusia membutuhkan 1.100 mg kolesterol perhari. Kebutuhan kolesterol sebenarnya dapat terpenuhi dari dalam tubuh itu sendiri.
Pantangan Makanan Penderita Penyakit Kolesterol

Kadar kolesterol tinggi terjadi akibat asupan makanan yang kita konsumsi setiap hari mengandung kadar kolesterol tinggi sehingga memicu kenaikan kolesterol dalam darah. Kemudian jika hal ini terjadi secara terus menerus akan mengakibatkan penyempitan pembuluh darah lalu muncul berbagai penyakit seperti jantung, stroke, kanker, asam urat, darah tinggi dan lain-lain.

Untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi sebetulnya tidak semuanya harus menggunakan obat. Jika kadar kolesterol tidak terlalu tinggi dan belum menimbulkan berbagai penyakit berat seperti jantung dan stroke, maka proses penyembuhan bisa dilakukan dengan cara membatasi bahkan kalau bisa berhenti mengkonsumsi makanan tinggi kolesterol. Berikut ini beberapa pantangan makanan untuk penderita penyakit kolesterol tinggi yang harus anda hindari :

1. Cumi-cumi
Cumi-cumi hasil tangkapan dari laut harus dihindari penderita kolesterol tinggi sebab kandungan kolesterol didalamnya cukup tinggi 1170mg/10gr.

2. Kuning telur
Dari satu buah telur ayam menghasilkan sekitar 212 mg kolesterol yang didapat dari kuning telurnya. Karena kadar kolesterol cukup tinggi tersebut maka konsumsinya harus dibatasi, bukan berarti harus berhenti konsumsi sebab dalam putih telur terdapat sumber protein yang bagus untuk tubuh.

3. Otak sapi
Kandungan kolesterol dalam otak sapi tergolong sangat tinggi 2.100mg/10gram, untuk penderita kolesterol tinggi ini tentu saja harus dihindari.

4. Telur puyuh
Ada yang menyebutkan tiap butir telur puyuh terdapat 3.640mg kolesterol. Kandungan kolesterol seperti ini tentu saja pantang dikonsumsi penderita sakit kolesterol tinggi.

5. Jeroan Kambing
Dalam 10 gram jeroan kambing terkandung 610mg kolesterol, hal ini menjadikanya sebagai salah satu pantangan makanan kolesterol tinggi.

6. Kerang, kepiting dan udang
Hampir sama dengan cumi-cumi, hasil laut ini juga kaya akan kolesterol bahkan dalam 10gr kerang terdapat 450mg kolesterol.

7. Gorengan
Berbagai jenis gorengan sebaiknya dihindari oleh penderita kolesterol tinggi sebab minyak yang digunakan menggoreng lebih dari 2 kali maka kandungan lemak transnya tinggi sekali, kemudian akan berdampak buruk pada kesehatan tubuh.

Tabel Makanan Hati-hati Dikonsumsi Penderita Kolesterol Tinggi
No.Jenis MakananKolesterol (mg/10gr)Kategori
1Daging sapi berlemak125hati-hati
2Gajih sapi130hati-hati
3Gajih kambing130hati-hati
4Daging babi berlemak130hati-hati
5Keju140hati-hati
6Sosis daging150hati-hati
7Kepiting150hati-hati
8Udang160hati-hati
9Kerang160hati-hati
10Siput160hati-hati
11Belut185hati-hati
Tabel Makanan Berbahaya Dikonsumsi Penderita Kolesterol Tinggi
No.Jenis MakananKolesterol (mg/10gr)Kategori
1Santan185Berbahaya
2Gajih babi200Berbahaya
3Susu sapi250Berbahaya
4Susu sapi cream280Berbahaya
5Coklat290Berbahaya
6Margarin/mentega300Berbahaya
7Jeroan sapi380Berbahaya
8Jeroan babi420Berbahaya
9Kerang putih/tiram450Berbahaya
10Jeroan kambing610Berbahaya
Tabel Pantangan Makanan Penderita Kolesterol Tinggi
No.Jenis MakananKolesterol (mg/10gr)Kategori
1Cumi-cumi1170Pantangan
2Kuning telur ayam2000Pantangan
3Otak sapi2300Pantangan
4Otak babi3100Pantangan
5Telur burung puyuh3640Pantangan

Dari penjelasan diatas dapat kita lihat ternyata hampir semua makanan yang enak untuk disantap menjadi makanan pantangan untuk penderita sakit kolesterol tinggi. Untuk itu jagalah pola makan sehat agar kita terjauh dari penyakit ini dan bagi yang telah terkena penyakit ini semoga lekas sembuh dan hindari makana yang memiliki kadar kolesterol tinggi. Salam sehat!

1 Response to "Pantangan Makanan Penderita Penyakit Kolesterol"