Waspada, Penyakit Mata Age Macular Degeneration Pada Lansia

Pantangan Makanan - Seiring berjalannya waktu, Manusia yang hidup di muka bumi akan bertambah usia. Fungsi beberapa organ tubuh akan mulai menurut salah satunya mata. Bagi Anda yang sudah memasuki usia lansia sekitar 50 tahun atau lebih, waspadalah dengan salah satu penyakit mata bernama Age Macular Degeneration (AMD).
Waspada, Penyakit Mata Age Macular Degeneration Pada Lansia

Dr. Elvioza, SpM seorang Staf Pengajar Vitreoretina Departemen I Kesehatan Mata FKUI-RSCM mengatakan, bila penyakit AMD terlambat ditangani akan menyebabkan kebutaan. Bahkan masih menurut dia, AMD akan menjadi masalah kesehatan Nasional karena usia harapan hidup masyarakat Indonesia mengalami peningkatan.

"Karena AMD ini terjadi pada usia tua dan usia harapan hidup meningkat maka penyakit ini bakal bertambah banyak. Kalau sampai mengalami kebutaan akan sangat menurunkan produktivitas orang tersebut," ungkap Dr. Elvioza dalam sebuah acara Keeping the Vision To See The Future: New Treatment for AMD di Kuningan, Jakarta.

Kemudian Elvioza menambahkan bahwa penurunan produktivitas tidak hanya dialami oleh pasien, tapi juga dengan keluarganya. Sebab, Di saat pasien tidak bisa mengerjakan pekerjaan sehari-hari, maka harus dibantu oleh keluarganya.

"Karena pasien tidak dapat menolong dirinya sendiri, keluarga menjadi tidak produktif. Karena mereka terfokus pada mengurus keluarga yang buta. Bagaimana mau kerja, kalau mereka fokus ke keluarga yang buta?," ungkap Dr. Elvioza.

Degenerasi Makula tipe basah merupakan penyebab utama terjadinya kehilangan penglihatan pada orang lanjut usia. Hai ini bisa terjadi disebabkan rusaknya bagian tengah retina yang dikenal sebagai makula. Retina merupakan jaringan saraf yang peka terhadap sinar dan terletak dibagian belakang mata.

Degenerasi Makula tipe basah ini terjadi karena adanya pertumbuhan tidak normal dari pembuluh darah dari keroid yang terletak dibawah makula, kemudian akan menyebabkan pembuluh darah yang terbentuk lebih rapuh dan mudah pecah.

Pecahnya pembuluh darah menyebabkan darah dan cairan mengalir ke retina lalu menyebabkan distorsi penglihatan yang membuat garis lurus tampak bergelombang, lalu mengakibatkan titik buta (blind Spot), dan hilanglah penglihatan di bagian tengah mata. Pembuluh darah yang tidak normal tersebut menyebabkan jaringan parut yang pada akhirnya bisa terjadi kebutaan total.

1 Response to "Waspada, Penyakit Mata Age Macular Degeneration Pada Lansia"

  1. tapi selain faktor usia, faktor diet engga sehat juga jd pemicunya .. aku baca di facebooknya Stimuno kemarin, serem ya penyakit ini, semoga kondisi mata kita sehat smpe tua nanti deh

    BalasHapus