Waspadalah, 7 Penyakit Yang Muncul Saat Banjir

Pantangan Makanan - Bukan hanya karena curah hujan yang tinggi, banjir juga dapat disebabkan oleh pola hidup masyarakat yang tidak bersih seperti buang sampah sembarangan. Saat banjir datang, masyarakat harus waspada terhadap beberapa penyakit yang muncul.
Waspadalah, 7 Penyakit Yang Muncul Saat Banjir

Menurut Prof. dr. Tjandra Yoga, ada 7 macam penyakit yang umum menyerang korban banjir. Berikut tujuh penyakit tersebut:

1. Diare

Saat terjadi banjir, sumber air minum masyarakat akan tercemar oleh air banjir yang sudah bercampur dengan kotoran. Ketika masyarakat mengungsi ketersediaan air bersih sangat terbatas. Hal ini berpotensi besar menimbulkan penyakit diare disertai penularan yang cepat.

2. Demam Berdarah

Ketika musim hujan, banyak terdapat genangan air yang menjadi tempat perindukan nyamuk aedes aegypti sebagai penyebab penyakit demam berdarah. Dengan meningkatnya populasi nyamuk tersebut maka resiko masyarakat terkena penyakit ini juga semakin tinggi.

3. Leptospirosis

Leptospirosis adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri leptospira. Penyakit ini merupakan jenis penyakit zoonosis, sebab ditularkan melalui binatang. Penyaki ini ditularkan melalui kotoran dan air kencing tikus. Saat banjir terjadi maka tikus-tikus akan keluar dari sarangnya untuk menyelamatkan diri.

Tikus tersebut akan berkeliaran dan kotoran serta air kencingnya bercampur dengan air banjir. Ketika seseorang yang luka terendam air banjir tersebut maka orang tersebut berpotensi terinfeksi bakteri leptospira.

4. Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA)

ISPA dapat berupa bakteri, virus, atau berbagai mikroba lainya. Gejala utama orang yang terkena penyakit ini yaitu batuk, demam, jika penyakit sudah berat maka akan mengalami sesak napas, dan nyeri dada.

5. Penyakit Kulit

Saat banjir kebersihan korban banjir akan sulit terjaga. Hal ini berpotensi besar terjangkit penyakit kulit seperti infeksi, alergi, atau penyakit kulit lainnya.

6. Penyakit Saluran Cerna Lain

faktor kebersihan makanan menjadi penyebab penyakit ini, contoh penyakit saluran cerna adalah penyakit tifoid.

7. Perburukan penyakit kronik yang mungkin memang sudah diderita.

Akibat musim hujan yang berkepanjangan dan banjir yang berlangsung selama berhari-hari, maka daya tahan tubuh akan menurun. Jika seseorang yang memiliki riwayat penyakit kronik dalam situasi ini biasanya penyakitnya akan kambuh dan memburuk.

0 Response to "Waspadalah, 7 Penyakit Yang Muncul Saat Banjir"

Posting Komentar