Awas Kerusakan Kornea Mata Dapat Terjadi Pada Anak

Pantangan Makanan - Selama ini kita sering berfikir bahwa kerusakan kornea mata hanya sering terjadi pada orang dewasa. Ternyata, anak-anak juga bisa mengalami penyakit yang dapat mengakibatkan kaburnya penglihatan untuk selama-lamanya ini.

Seorang Spesialis Mata dari Jakarta Eye Center (JEC) Menteng bernama DR. Dr. Tjahjono D. Gondhowiharjo, SpM. PhD yang dikutip dari Liputan6 menjelaskan bahwa kerusakan kornea mata pada anak umumnya terjadi disebabkan oleh beberapa faktor seperti adanya kelainan bawaan, atau mengalami infeksi di saluran rahim.

Kemudian beliau menerangkan lebih lanjut, Orang tua sebaiknya mengetahui kondisi-kondisi jika terjadi kerusakan kornea pada mata anak. Jika kerusakan yang terjadi dikarenakan kelainan bawaan maka bukan hanya kerusakan kornea saja, tapi dapat juga mengalami penyakit glaukoma atau katarak.

Untuk mengatasinya Dr. Tjahjono mengatakan "Dan untuk mengembalikan penglihatan seperti semula, anak-anak juga perlu melakukan transplantasi kornea,"

Ketika transplantasi kornea mata pada anak dilakukan sejumlah kendala akan muncul, sehingga membuat hal ini menjadi lebih sulit. "Jelas, ketebalan kornea pada anak-anak kan ukurannya itu hanya separuh dari kornea orang dewasa. Bila ketebalan tidak sesuai, maka transplantasi tidak dapat dilakukan," ungkap beliau.

Kendala yang lain adalah ketika penggantian lapiran kornea, tidak dapat hanya dilakukan pada bagian yang rusak saja, tapi harus semuanya. Sedangkan, saraf mata seorang anak harus digunakan untuk belajar melihat.

Dr. Tjahjono mengatakan "kalau proses penyembuhannya lama, periode belajar melihatnya jadi singkat. Maka itu, penglihatannya tidak dapat normal sepenuhnya,"

Kemudian beliau menambahkan "Tapi, sebenarnya, yang paling sulit itu mencari pendonor mata untuk mereka. Bayangkan saja, untuk yang dewasa saja sulit sekali, apalagi anak-anak?"

Jadi bukan hanya orang dewasa yang dapat mengalami kerusakan kornea mata, anak-anak yang baru lahir juga bisa mengalaminya. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda dan jika sekiranya artikel ini bermanfaat jangan ragu untuk membagikannya dengan cara klik salah satu tombol share dibawah.

0 Response to "Awas Kerusakan Kornea Mata Dapat Terjadi Pada Anak"

Posting Komentar