Pantangan makanan penderita penyakit amandel

Pantangan makanan penderita penyakit amandel- Salam jumpa kawan, Amandel dalam dunia kesehatan disebut tonsil adalah bagian dari sistem kekebalan tubuh paling pertama mencegah masuknya bakteri dan virus melalui makanan, minuman dan udara yang kita hirup.

Karena fungsinya sebagai garda terdepat melindungi tubuh maka kesehatan dari amandel harus kita jaga supaya tubuh kita selalu dalam keadaan sehat dan bisa beraktifitas seperti biasa. Kerusakan amandel bisa terjadi karena terlalu banyaknya serangan bakteri dan virus yang masuk melalui mulut, ketika amandel tidak bisa menghalau datangnya benda asing pembawa bakteri dan virus maka amandel akan menyerang dirinya sendiri sehingga terjadilah radang amandel.
Pantangan makanan penderita penyakit amandel

Seorang penderita penyakit radang amandel harus betul-betul memperhatikan asupan makanan yang akan dikonsumsi setiap hari, supaya peradangan yang terjadi pada tonsil dapat segera sembuh dan bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Sebagai bahan referensi anda agar tidak salah konsumsi makanan berikut ini kami tuliskan jenis-jenis makanan pantangan bagi penderita penyakit amandel :

1. Makanan Asam
Jenis makanan ini bisa menyebabkan rasa gatal pada tenggorokan yang terserang radang amandel. Contoh makanan asam buah jeruk, lemon, permen karet, nanas dan masih banyak lagi.

2. Makanan Pedas
Makanan pedas sangat menggugah selera makan, tapi jika anda sedang menderita radang amandel buang jauh-jauh keinginan tersebut. Sebab, makanan pedas seperti paprika, lada, pala dan cabai akan memperburuk kondisi radang amandel yang anda derita.

3. Minuman Dingin
Temperatur minuman atau makanan yang berada dibawah suhu tubuh seperti eskrim dan minuman lain yang menggunakan es jika dikonsumsi penderita radang amandel akan memicu radang semakin parah.

4. Makanan Berminyak.
Segala jenis makanan yang cara pengolahanya menggunakan minyak wajib menjadi pantangan penderita penyakit amandel jika ingin sakitnya segera sembuh. Contoh gorengan, kuah santan.

5. Minuman Beralkohol
Minuman yang satu ini tentu akan memperburuk peradangan pada amandel.

Tabel Pantangan Makanan Penyakit Amandel
No.Pantangan MakananContoh
1Makanan PedasPaprika, lada, cabai, pala
2Makanan AsamJeruk, nanas, lemon
3Makanan BerminyakGorengan, makanan bersantan, makanan berkuah
4Minuman dinginEskrim, es cendol, jus
5Minuman BeralkoholAnggur putih, bir, vodka

Manjaga pola makan sehat wajib dilakukan oleh siapapun agar tubuh kita tetap sehat dan segar. Apalagi jika anda sedang terkena suatu penyakit seperti radang amandel agar proses penyembuhan berjalan lebih cepat harus menghindari pantangan makanan untuk penderita penyakit amandel. Semoga yang admin tulis ini bisa bermanfaat dan jangan lupa bagikan artikel ini dengan klik tombol salah satu share dibawah. Salam sehat!

0 Response to "Pantangan makanan penderita penyakit amandel"

Posting Komentar