Pantangan makanan penderita penyakit anemia

Pantangan makanan penderita penyakit anemia- Salam jumpa kawan, jika kita menderita suatu penyakit mengetahui makanan apa saja yang harus dihindari untuk dikonsumsi itu menjadi suatu kewajiban agar penyakit yang diderita tidak bertambah buruk dan proses penyembuhan berjalan lebih optimal.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang pantangan makanan penyakit anemia agar kawan-kawan yang mengalami penyakit ini bisa mengetahui makanan seperti apa yang tidak boleh anda konsumsi.
Pantangan makanan penderita penyakit anemia

Penyakit anemia terjadi disebabkan oleh kekurangan zat besi dalam tubuh, anemia merupakan penyakit gangguan gizi yang paling umum ditemukan di dunia menurut penelitian yang dilakukan National Institutes of kantor kesehatan Dietary Supplements. Agar tidak terjangkit penyakit anemia penuhilah kebutuhan zat besi tubuh anda dengan konsumsi makanan yang kaya akan zat besi.

Seorang anak laki-laki maupun perempuan membutuhkan zat besi 7-11mg perhari, wanita usia 19-50 membutuhkan asaupan zat besi sebanyak 18mg perhari sedangkan wanita dalam masa subur memerlukan zat besi lebih dari itu sebab banyak kehilangan darah ketika terjadi mensturasi. Dan untuk orang yang berusia 51 tahun keatas baik pria maupun perempuan membutuhkan asupan zat besi 8mg perhari.

Lalu makanan jenis apa yang tidak baik dikonsumsi penderita penyakit anemia? untuk menjawab pertanyaan ini berikut kami sajikan informasi beberapa jenis makanan pantangan penyakit anemia yang harus anda hindari :

1. Makanan Tinggi Lemak
Makanan tinggi akan kandungan lemak jenuh tentu saja harus dihindari penderita anemia, contohnya  krim, keju, mentega, minyak samin, suet, lemak babi.

2. Makanan Digoreng
Berbagai makanan yang cara penyajiannya digoreng menjadi makanan yang tidak boleh dikonsumsi penderita anemia.

3. Makanan Cepat saji
Konsumsi makanan cepat saji memang sangat memanjakan lidah, selain rasanya yang enak anda juga bisa mendapatkannya secara instan. Tapi harus anda ketahui makanan jenis ini banyak berdampak buruk bagi kesehatan terutama untuk penderita anemia.

4. Minuman beralkohol
Minuman beralkohol dan bersoda menajadi salah satu pantangan makanan untuk penyakit anemia.

5. Makanan atau minuman yang mengandung tanin
Contoh makanan yang mengandung tanin adalah anggur dan kopi haru dihindari penderita anemia sebab tanin dapat merusak absorpsi atau daya serap terhadap zat besi.

6. Makanan mengandung gluten
Tidak semua penderita sakit anemia harus menghindari gluten, hanya orang yang alergi saja harus menghindari makanan yang mengandung gluten. contohnya gluten dapat ditemukan pada gandum.

7. Kombinasi makanan tertentu
Kombinasi makan dua jenis makanan secara bersamaan terkadang kurang baik dilakukan oleh penderita penyakit anemia sebab penyerapan zat besi akan berlangsung kurang baik, contoh makan daging dengan susu, daging dengan keju, kacang dengan susu, atau kacang dengan keju.

8. Makanan asam oksalat
Makanan yang mengandung asam oksalat bisa mengganggu proses penyerapan zat besi. Contoh makananya  kacang tanah, bayam, peterseli, dan coklat.

9. Makanan kaya fitat
Makanan yang mengandung fitat bisa mencegah penyerapan makanan jadi jika menderita anemia hidari makanan jenis ini, seperti kacang-kacangan, beras merah, dan gandum-ganduman.

10. Makanan yang kaya akan kalsium
Kalsium yang terkandung dalam makanan jika dikonsumsi penderita sakit anemia akan mengganggu proses penyerapan zat besi dalam tubuh. Jadi hindari makanan kaya kalsium seperti  susu dan produk susu seperti keju, yoghurt, kacang-kacangan dan pisang.

Tabel Makanan Pantangan Bagi Penderita Anemia

No.PantanganContoh
1Tinggi lemak jenuhkrim, keju, mentega, minyak samin, lemak babi
2Mengandung TaninTeh, serealia, seperti beras, jagung, dalam sayuran seperti pare, bayam, kacang-kacangan, teh, kopi
3Mengandung GlutenGandum, pasta, biskuit dan sereal
4Mengandung asam oksalatkacang tanah, bayam, peterseli, dan coklat
5Kaya fitatkacang-kacangan, beras merah, dan gandum-ganduman
6Kaya Kalsiumsusu dan produk susu seperti keju, yoghurt, kacang-kacangan dan pisang.

Agar penyakit anemia cepat sembuh perbanyak konsumsi makanan sehat yang mengandung zat besi dan hindari jenis makanan yang mengandung tanin agar proses penyerapan zat besi tidak terhambat. Semoga artikel pantangan makanan untuk penderita anemia ini bermanfaat dan silahkan share melalui salah satu tombol dibawah ini. Salam sehat!

0 Response to "Pantangan makanan penderita penyakit anemia"

Poskan Komentar