Pantangan Makanan Penderita Penyakit Asam Urat Tinggi

Pantangan Makanan penderita Penyakit Asam Urat Tinggi- Salam jumpa kawan, asam urat merupakan penyakit yang menyerang persendian, hal ini terjadi disebabkan adanya peningkatan kadar purin dalam tubuh yang bersumber dari makanan yang tinggi kadar purin nya. Asam urat tinggi terjadi karena ginjal tidak berfungsi dengan baik untuk melepaskannya melalui urin, kemudian lama-lama asam urat tersebut membentuk kristal dan menumpuk pada persendian yang mengikis jaringan lunak pada sendi sehingga menimbulkan radang sendi dan muncul bengkak serta rasa sakit sekitar persendian.

Pantangan makanan penderita penyakit asam urat
Pola makan sehari-hari berperan penting terhadap meningkatnya kadar asam urat, sebab banyak sekali sumber makanan yang kita konsumsi sehari-hari memiliki kandungan purin yang tinggi. Hal ini tentu saja tidak baik bagi penderita penyakit asam urat, maka atas dasar itu untuk penderita penyakit asam urat kenalilah beberapa pantangan makanan bagi penderita penyakit asam urat tinggi dibawah ini :

1. Daging
Daging merupakan tinggi purin terutama bagian daging merah seperti daging babi, daging rusa, daging sapi, daging kambing, daging kuda, kelinci, kalkun, unggas dan bebek. Disarankan batasi asupan protein hewani hingga 6 ons perhai agar berguna untuk mengurangi purin di dalam tubuh.

2. Jeroan
Selain daging merah bagian dari produk hewani yang harus dihindari oleh penderita penyakit asam urat tinggi adalah jeroan seperti ginjal, limpa, usus, paru, otak, babat, dan hati. Terutama bagian limpa dan hati sebab kandungan purinnya tinggi sekali.

3. Sea Food
Sea food merupakan hasil tangkapan dari laut yang memiliki rada lezat serta harga persajinya cukup mahal. Tapi tahukah anda, bahwa makanan sea food seperti kerang, lobster, tiram, herring, tuna, trout, makarel, bluefish, ikan kod, halibut dan terutama sarden memilki kadar purin tinggi yang tentu saja tidak baik bagi penderita sakit asam urat.

4. Kacang-Kacangan
Kacang-kacangan salah satu makanan yang harus dihindari sebab tinggi purin seperti letil, kacang navy, kacang lima, kacang merah, belinjo, kacang kedelai, kacang tanah, kacang hijau, melinjo, dan emping.

5. Produk Hasil Permentasi Ragi
Berbagi produk yang mengandung ragi harus dibatasi sebab mengandung tinggi purin seperti berbagi olahan dari kacang kedelai yaitu tempe, tauco, oncom dan susu kedelai.

6. Sayuran
Sebuah fakta yang mencengangkan ternyata sebagian sayuran umumnya memiliki purin lebih tinggi dari pada daging. Beberapa sayuran yang harus dihindari penderita penyakit asam urat adalah kangkung, daun singkong, daun pepaya, buncis, bayam, jamur kuping, asparagus dan kembang kol.

7. Buah-Buahan
Ada beberapa buah yang perlu dihindari penderita asam urat seperti air kelapa, nanas dan durian.

8. Minuman
Minuman beralkohol wajib jangan diminum penderita asam urat tinggi terutama yang paling tinggi purin yaitu bir. Selain itu teh dan kopi juga memiliki kandungan purin tapi tidak terlalu tinggi jadi batasi saja konsumsinya.

9. Jenis Makana Yang Lain
Berikut ini beberapa jenis makana lain yang menjadi pantangan bagi penderita asam urat yaitu coklat, keju, krim, telur, es krim, kuah daging kental, kaldu, makanan kaya protein dan lemak, makanan yang digoreng atau dimasak menggunakan margarin.

Berikut ini tabel daftar lengkap makana yang mengandung purin tinggi dari yang tertinggi sampai yang paling rendah



Tabel Lengkap Daftar Makanan Tinggi Purin

Makanan

Asam
Urat (mg/100g)

Teobromin (kafein cokelat)

2300

Limpa domba/kambing

773

Hati sapi

554

Ikan sarden

480

Jamur kuping

448

Limpa sapi

444

Daun melinjo

366

Paru-paru sapi

339

Kangkung, bayam

290

Ginjal sapi

269

Jantung sapi

256

Hati ayam

243

Jantung domba/kambing

241

Ikan teri

239

Udang

234

Biji melinjo

222

Daging kuda

200

Kedelai & kacang-kacangan

190

Dada ayam dg kulit

175

Daging ayam

169

Daging angsa

165

Lidah sapi

160

Ikan Kakap

160

Tempe

141

Daging bebek

138

Kerang

136

Udang Lobster

118

Tahu

108

Chanel Youtube Pantangan Makanan

Untuk Penderita penyakit asam urat, pantangan makanan yang ada pada tabel tersebut sebaiknya dihindari atau mungkin porsinya dikurangi agar proses penyembuhan penyakit asam urat berjalan lebih baik dan anda bisa segera sembuh seperti biasanya. Akhir kata dari admin ucapkan terimakasih atas kunjungannya dan jika merasa informasi ini bermanfaat silahkan artikel ini dibagikan melalui tombol share yang tersedia dibawah ini. salam sehat!

0 Response to "Pantangan Makanan Penderita Penyakit Asam Urat Tinggi"

Posting Komentar