Agar Tubuh Tetap Sehat Dan Produktif Saat Musim Hujan

Pantangan Makanan - Ketika musim hujan sudah tiba, kita bukan hanya sekedar harus menghindari diri dari air hujan tapi siapkan perlindungan diri semaksimal mungkin agar tidak mudah terserang penyakit.
Agar Tubuh Tetap Sehat Dan Produktif Saat Musim Hujan

Untuk mencegah datangnya penyakit disaat musim hujan, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar tubuh tetap sehat. Berikut penjelasannya seperti yang dikutip dari manilatimes:

1. Selalu bawa payung

Ini menjadi solusi paling utama dikala hujan, Basah-basahan ketika hujan tiba dapat menyebabkan perubahan suhu tubuh secara mendadak sehingga bisa menyebabkan pilek dan demam.

2. Makan sehat

Konsumsi makanan sehat merupakan cara termurah dan paling mudah untuk melindungi diri dari penyakit. Makan sup panas untuk menyegarkan tubuh atau bisa juga makan makanan kaya akan Vitamin C dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh juga bisa membantu memukul mundur flu dan infeksi.

3. Cuci tangan Anda

Ini yang banyak orang sepelekan, cuci tangan secara teratur akan menghindarkan Anda dari pilek, batuk, dan influenza. Sebab jika hal itu dilakukan secara teratur maka dapat mencegah penyebaran virus dan bakteri. 

Cara yang benar untuk mencuci tangan adalah dengan menggunakan sabun di antara jari jemari Anda, dibawah kuku, serta bagian atas tangan. Setelah itu bilas dan keringkan Tangan Anda agar terhindar dari kuman secara menyeluruh.

4. Minuman air bersih

Penyakit yang disebabkan oleh air sangat umum terjadi ketika musim penghujan datang. Lebih berhati-hatilah ketika Anda mengkonsumsi air minum, pastikan sumber air tidak terkontaminasi bakteri penyebab berbagai macam penyakit seperti amoebiasis dan kolera.

5. Jaga lingkungan tetap bersih

Dengue atau penyakit DBD adalah penyakit yang fatal serta sering terjadi saat musim hujan yang disebabkan oleh nyamuk. Buanglah barang-barang bekas yang sekiranya bisa menjadi sarang nyamuk, selain itu bersihkan saluran ari agar dapat berfungsi dengan baik.

Selain DBD, penyakit lain yang sering merajalela dikala banjir adalah letospirosis. Hal ini biasanya karena air banjir mengandung campuran air seni hewan penyebab infeksi. Solusi untuk mengatasinya hindari mengarungi banjir jika tanpa menggunakan pelindung dari penyakit.

0 Response to "Agar Tubuh Tetap Sehat Dan Produktif Saat Musim Hujan"

Posting Komentar