Awas, Korban Bencana Rentan Mengidap Hipertensi

Pantangan Makanan - Akhir-akhir ini beberapa wilayah di Indonesia mengalami berbagai musibah bencana alam seperti gunung berapi, gempa, longsor, banjir, dan krisis air bersih akibat kemarau panjang. Contohnya masyarakat di Kelurahan Bukit Duri yang mengalami musibah banjir, masyarakat disana mulai mengalami gangguan kesehatan mulai dari penyakit kulit sampai ada yang mengeluh tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Awas, Korban Bencana Rentan Mengidap Hipertensi
"Saya tensi darahnya selalu tinggi. Tidak cuma saya, masyarakat yang lain juga begitu. Karena kami stres, terlalu lelah membersihkan semuanya paska banjir ini," ungkap salah seorang warga Bukit Duri bernama Eka.

Menurut dr. Shanaz salah seorang dokter umum di posko pengobatan geratis dari Wipol mengatakan hal itu bisa saja terjadi disebabkan pikiran dan daya tahan tubuh masyarakat yang mulai menurun akibat bencana tersebut.

"Walaupun mereka di pengungsian yang makanan dan minuman disediakan, tetap saja pikiran mereka masih terganggu. Mereka stres dan akhirnya berpengaruh ke kesehatan, darah tinggi mereka naik," kata dr. Shanaz.

Dr. Shanaz menyarankan agar masyarakat yang ada dipengungsian sebaiknya mulai menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Shanaz mengatakan "Sebelum dan sesudah musibah perilaku hidup bersih itu harus selalu diterapkan. Walaupun dipengungsian jangan sampai lupa akan kesehatanm, banyak komunitas yang menghibur agar masyarakat tidak stres. Ini membantu tetapi sekali lagi tetap diri sendiri harus menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh dan pikiran."

1 Response to "Awas, Korban Bencana Rentan Mengidap Hipertensi"

  1. thanks atas infonya, ditunggu artikel yang lainnya

    http://obat-alami.info/obat-tradisional-diabetes-melitus/

    BalasHapus