Cara Mudah Untuk Mencegah Darah Tinggi

Pantangan Makanan - Darah tinggi atau Hipertensi jangan dianggap remeh.Jika tidak terdeteksi sejak dini maka penderita Darah tinggi akan meningkatkan faktor terkena penyakit kerusakan otak, jantung, dan Ginjal. Tercatat lebih dari 25 persen orang Indonesia berusia diatas 18 tahun menderita penyakit Hipertensi.
Cara Mudah Untuk Mencegah Darah Tinggi

Salah satu cara paling mudah untuk kendalikan Hipertensi yaitu dengan membatasi asupan garam (natrium) atau sodium jangan lebih dari sekitar 1 sendok teh per hari atau tidak lebih dari 2000 miligram setara dengan 5gram garam.

Tapi harus Anda ketahui garam juga terdapat dalam bahan makanan yang lain seperti bahan pengawet, sodium bikarbonat, baking powder, monosodium glutamat (MSG) atau terdapat juga dalam obat-obatan seperti antasida, dan antibiotik.

Seorang ahli gizi RD Disha Jhaveri mengatakan dalam laman Times of India. "Natrium dapat ditemukan pada air minum, susu, sayuran berdaun hijau, makanan laut, mentega, margarin, keju, produk roti, biskuit, kue-kue, roti tongkat, kue olahan sereal. Semua saus seperti saus kedelai, saus tomat. Makanan ringan seperti keripik kentang, popcorn, mie, macaroni, kerupuk, buah-buahan dan sayuran kaleng, kacang asin, sayuran beku dan makanan siap saji sehingga perlu dicermati batasan kadarnya."

Lalu adakah cara untuk menyiasatinya? Disha menjelaskan, gunakan rasa yang berbeda sebagai bahan pengganti garam, contoh bubuk mustard, daun salam, bubuk kari, oregano, bubuk cabai, peterseli, kemangi, daun tulsi, min, perasan lemon, bawang, bawang putih, cabe hijau, cuka, dan asam agar membuat makanan yang Anda masak tetap terasa enak.

Selain yang dijelaskan diatas, hindari juga makanan roti, pizza, kue, biskuit sebab mereka berisi natrium tersembunyi dalam bentuk baking powder. Saus, kacang asin, popcorn dan produk kalengan lain juga harus dihindari. Sebaiknya konsumsi buah-buahan yang masih segar.

0 Response to "Cara Mudah Untuk Mencegah Darah Tinggi"

Poskan Komentar