Fakoemulsifikasi Teknik Terbaru Untuk Operasi Katarak

Pantangan Makanan - Sebuah fakta yang cukup mengejutkan, penderita katarak di Indonesia merupakan yang paling tinggi di kawasan Asia Tenggara. Di perkirakan setiap tahun muncul sekitar 210.000 kasus katarak.

Seiring bertambahnya usia seseorang, maka lensa mata yang terdiri dari air serta protein akan membuat semacam awan yang menjadi penyebab terjadinya katarak. Jika saat diperiksa kondisi katarak mata sudah parah, maka dokter akan langsung merekomendasikan penderita guna melakukan prosedur fakoemulsifikasi.
Fakoemulsifikasi Teknik Terbaru Untuk Operasi Katarak

Fakoemulsifikasi adalah teknik operasi katarak terbaru dengan menggunakan peralatan moderen sering juga disebut laser katarak. Operasi ini akan berlangsung selama 5-10 menit saja, tapi biaya yang harus dikeluarkan untuk operasi sebelah mata saja sekitar 4-11 juta tergantung tingkat kesulitan dari operasi katarak tersebut.

Dr. Manny Alvarez seorang kontributor untuk Foxnewshealth mengatakan, setelah penderita katarak di anestesi, ahli bedah kemudian membuat tiga sayatan kecil dekat kornea. Lalu setelah itu, lenda mata yang keruh tersebut disedot keluar melalui sayatan tersebut. Kemudian suatu lensa intraokuler buatan dari bahan plastik, silikon atau akrilik dimasukkan.

Dalam operasi tersebut tidak diperlukan adanya jahitan, sebab sayatan pada mata sangat kecil sekali. Selama beberapa minggu setelah pasien melakukan operasi katarak, akan diberikan resep obat mata tetes untuk membatu proses penyembuhan dan mencegah terjadinya infeksi pada mata. Proses penyembuhan biasanya memakan waktu sekitar 1-1,5 bulan.

Mengingat betapa mahal biaya untuk melakukan operasi katarak, maka sudah sewajarnya kita selalu menjaga kesehatan mata jangan sampai penyakit tersebut menyerang mata kita.

0 Response to "Fakoemulsifikasi Teknik Terbaru Untuk Operasi Katarak"

Poskan Komentar