Jangan Sembarangan Jajan Gorengan Saat Musim Hujan

Pantangan Makanan - Ketika musim hujan kita harus lebih berhati-hati dengan apa yang kita makan dan minum agar tubuh tidak mudah terserang penyakit. Hindari jajan gorengan sembarangan di pinggir jalan, sebab dikhawatirkan sudah tercemar bakteri atau virus berbahaya.

Jangan Sembarangan Jajan Gorengan Saat Musim Hujan
Dikutip dari DNAIndia, Dr. Anjali Mukherjee menjelaskan bahwa selam musim hujan pencernaan kita akan melemah, musim hujan juga dapat menyebabkan pembentukan gas serta gangguan pencernaan. Jadi konsumsi asupan makanan harus benar-benar diperhatikan, berikut ini apa yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi saat musim hujan:

1. Cuci semua sayuran dan buah, terutama cuci bersih sayuran berdaun dan kembang kol, sebab biasanya terdapat larva dan cacing serta mengumpulkan kotoran.

2. Pilih makanan yang mudah dicerna, sebab saat musim hujan pencernaan sedang melemah.

3. Tambahkan sedikit mint atau jahe pada teh yang akan Anda minum agar minuman terasa hangat.

4. Untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan pencernaan, konsumsi bawang putih, lada, jahe, kunyit dan ketumbar.

5. Buatlah sup daging, ini merupakan cara terbaik mendapatkan nutrisi dari sayuran tanpa konsumsi bakteri berbahaya.

6. Memasak makanan segar, kemudian jika anda menyimpan makanan yang dimasak pada lemari, sebaiknya panaskan terlebih dahulu sebelum dimakan.

7. Minumlah ari rebusan jangan sampai dikonsumsi lebih dari 24jam.

8. Hindari sembarangan makan gorengan dari jajanan pinggir jalan.

9. Saat Anda makan di luar, pilih restoran yang bersih agar terhindar dari penyakit demam virus, diare, dan penyakti menular lain yang berasal dari air yang tidak bersih.

10. Hindari makanan berair sebab bisa menyebabkan perut kembung. Konsumsi makanan kering seperti, seral, kacang, dan gandum yang menyediakan banyak nutrisi penting bagi tubuh.

11. Ketika musim hujan kelembaban meningkat, prevalensi kuman dan bakteri di udara, maka hindari makan sayuran dan buah mentah. Hal ini dikhawatirkan dapat menimbulkan penyakit tifus dan kuning.

12. Selama musim hujan hindari minuman jus sayur dan buah. Terutama jus yang dijual pinggir jalan, sebab dikhawatirkan air yang digunakan tidak higienis sehingga membawa bibit penyakit.

0 Response to "Jangan Sembarangan Jajan Gorengan Saat Musim Hujan"

Posting Komentar