Lakukan 6 Cara Ini Agar Mata Sehat Hingga Tua

Pantangan Makanan - Banyak hal bisa dilakukan oleh mata mulai dari melihat keindahan panorama pemandangan, serunya membaca jalan cerita novel atau komik, serta belajar bahasa. Para pakar bahkan mengatakan sekitar 83 persen jalur informasi yang masuk dalam tubuh kita dilakukan melalui mata.
Lakukan 6 Cara Ini Agar Mata Sehat Hingga Tua

Mengingat begitu besarnya peranan mata dalam kehidupan kita sehari-hari maka tentu saja kita wajib menjaga kesehatan mata tersebut agar bisa tetap berfungsi dengan baik sampai tua. Dilansir dari WebMD untuk menjaga kesehatan mata lakukanlah 6 cara berikut ini:

1. Makanan Sehat

Untuk melindungi kesehatan mata mulailah dengan memilih makanan yang sehat bagi mata kita. Seperti, makanan kaya akan Omega 3, Lutein, Zinc, Vitamin C dan E. Jenis makanan tersebut dapat menjauhkan kita dari masalah penyakit mata misalnya degenerasi makula, serta katarak. Biasakanlah untuk konsumsi rutin makanan berikut:

- Sayur hijau seperti kale, bayam, sawi
- Ikan salmon dan tuna
- Jeruk, Lemon, Sitrus
- Telur, kacang-kacangan serta makanan protein yang bukan dari daging.

Terapkan juga pola makan dengan gizi seimbang agar terhindar dari obesitas penyebab penyakit diabetes tipe 2. Sebab diabetes merupakan penyakit yang dapat mengakibatkan kebutaan.

2. Berhenti Merokok

Berhenti merokok bukan hanya sekedar demi kesehatan mata.Tapi, sekaligus juga guna menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Dampak buruk merokok yaitu lebih beresiko terkena katarak, terjadi kerusakan saraf optik, dan degenerasi pada mata.

3. Mengunakan Kacamata Anti UV

Berkacamata hitam saat terik matahari bukan hanya sekedar untuk tampil gaya, tapi bermanfaat pula untuk melindungi mata dari paparan sinar ultraviolet (UV). Sebab mata yang terlalu sering terkena paparan sinar UV beresiko terkena katarak dan degenerasi makula.

4. Gunakan Pelindung Mata

Bagi anda yang bekerja ditempat yang mudah terkena paparan material berbahaya untuk mata seperti tempat las. Pastikan Anda memakai peralatan pelindung mata.

5. Jangan Terlalu Lama Menatap Layar Komputer

Ini berlaku bagi yang pekerjaan sehari-harinya dengan menatap layar komputer, tablet, atau bisa juga layar smartphone. Sebab jika dilakukan terlalu sering bisa mengakibatkan pandangan kabur, mata kering, mata sulit fokus, nyeri punggung, nyeri leher serta bahu. Agar kesehatan mata terjaga atur jarak komputer dengan mata sekitar 50cm, duduk dikursi yang tegak lurus, setiap 20 menit istiriahatkan mata dengan melihat sejauh 20 meter kedepan kira-kira selama 20 detik. Lalu setiap 2 jam sekali istirahatkan mata selama 15 menit.

6. Rutin Memeriksakan Mata Ke Dokter Mata.

Memeriksakan mata bukan hanya ketika timbul masalah pada mata. Tapi sebaiknya dilakukan rutin secara berkala sejak masih anak-anak. Hal ini bertujuan agar kita mengetahui sejak awal munculnya kerusakan pada mata seperti rabun jauh, rabun dekat, silinder, atau bisa juga penyakit glukoma yang tidak memiliki gejala.

0 Response to "Lakukan 6 Cara Ini Agar Mata Sehat Hingga Tua"

Posting Komentar