Tips Agar Si Kecil Tidak Sakit Saat Musim Hujan

Pantangan Makanan - Basah-basahan saat hujan turun merupakan momen yang paling menyenangkan bagi anak-anak. Meski air yang menggenang kotor, mereka dengan senang hati berkeliaran bersama teman-temannya kesana kemari.
Tips Agar Si Kecil Tidak Sakit Saat Musim Hujan

Tapi bagi orang tua, musim hujan bisa juga membawa masalah kesehatan bagi anak. Air yang kotor dapat menjadi media penularan berbagai jenis penyakit, genangan air menjadi tempat favorit nyamuk untuk berkembang biak.

Atas dasar itu, menjaga kebersihan dikala musim hujan menjadi suatu kewajiban untuk mencegah penularan penyakit. Berikut ini tips untuk menjaga kesehatan anak di saat musim hujan tiba :

1. Bekali jas hujan dan payung

Kedua alat ini harus senantiasa ada buat anak saat musim penghujan. Ketika anak berangkat kesekolah bekali dengan payung, jas hujan, bahkan lengkapi dengan sepatu bot untuk menghindari kontak langsung kulit anak dengan air yang kotor.

2. Kosongkan dan tutupi wadah air

Nyamuk penyebab DPD berkembang biak di dalam air. Atas dasar itu kita perlu mengosongkan dan menutup wadah air di sekitar rumah agar nyamuk tidak bisa berkembang biak.

3. Dorong diet seimbang

Pencernaan saat musim hujan cukup lambat sehingga memberikan si kecil cukup banyak makanan yang bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Berikan anak makanan yang kaya akan antioksidan untuk mencegah infeksi.

4. Makanan segar

Makanan segar penting sekali untuk meningkatkan daya tahan tubuh, tapi sebelum diberikan kepada anak cuci bersih makanan tersebut terlebih dahulu. Sayuran hijau cenderung membawa bibit kuman, jadi sebelum menyajikanya kukus terlebih dahulu.

5. Mandi

Saat anak mandi, pastikan Anda menambahkan cairan antiseptik ke dalam seember air mandi bagi si kecil.

6. Berjalan

Hindari berjalan-jalan di taman jika baru saja terjadi hujan, sebab genangan air akan menyebabkan permukaan tanah licin sehingga dikhawatirkan si kecil akan terluka jika tergelincir.

7. Hati-hati jajanan

Makanan yang terkena cuaca dingin akan mengandung bakteri penyebab gangguan pencernaan. Bahkan dampak terburuknya anak akan mengalami keracunan.

8. Perawatan kaki

Pastikan kaki anak dalam keadaan bersih dan kering setiap saat. Kelembaban kulit dapat menyebabkan infeksi jamur pada kaki. Upayakan sepatu dan kaus kaki anak selalu dalam keadaan kering.

9. Pastikan anak minum air bersih

Diare dan kolera merupakan penyakit yang sering muncul ketika musim hujan sebab air yang dikonsumsi sudah terkontaminasi. Selalu memastikan air yang anak Anda konsumsi bersih agar terhindar dari infeksi penyabab berbagai penyakit.

10. Anak bimbing cuci tangan dengan benar

Ajarkan anak mencuci tangan pakai sabun dengan benar, supaya terhindar dari kuman dan infeksi yang ditularkan lewat tangan.

0 Response to "Tips Agar Si Kecil Tidak Sakit Saat Musim Hujan"

Poskan Komentar