Untuk Hindari Katarak, Rutin Lakukan Periksa Mata

Pantangan Makanan - Tahukah Anda, Mata bukan hanya berfungsi untuk indra penglihatan. Tapi, Mata juga bisa menjadi cermin untuk melihat tingkat kondisi kesehatan seseorang. Atas dasar itu kita dianjurkan agar senantiasa menjaga kesehatan mata dengan lakukan pemeriksaan secara rutin dan mengkonsumsi makanan bergizi secara teatur.

Tapi sayangnya, walau kesehatan mata adalah aspek penting dalam kehidupan, akan tetapi masih banyak dari kita yang acuh akan kesehatan salah satu organ penting dalam tubuh ini. Setelah muncul masalah baru kita menyadari betapa penting fungsi mata yang normal.

Beragam alasan yang membuat seseorang malas untuk rutin periksakan kesehatan mata. Umumnya kita merasa masih dapat melihat walau sudah mulai tidak jelas pandangan matanya, Alasan lainnya adalah ketika mata sudah bermasalah kita enggan untuk menggunakan kacamata.

Dalam Konferensi Pers Akreditasi Internasional JEC Dr. Ucok P. Pasaribu, SpM mengatakan "Biasanya kan memang begitu. Kalau yang muda, malas mengenakan kacamata, karena mereka masih bisa melihat dengan jarak enam sampai sepuluh meter. Bagi mereka, kondisi seperti itu bagus, tapi begitu diperiksa tidak demikian."

Sebagai contoh Dr. Ucok menceritakan apa yang terjadi dengan kedua orangtuanya. Sebenarnya, Orang tua Ucok memiliki katarak dengan fungsi penglihatan 70 persen masih bagus. Tetapi, mereka malas untuk dioperasi, sebab merasa kedua matanya masih nyaman digunakan untuk melihat.

Suatu ketika, salah satu dari keduanya sering menabrak pot sebanyak tiga kali ketika memarkir mobil, kemudian Ucok menyuruh orang tuanya tersebut cek kondisi matanya. Ucok Mengatakan "Begitu datang langsung dicek, dan hasilnya meminta mereka untuk dioperasi kedua matanya. Satu-satu, sih. Jadi, secara fungsi mereka merasa tidak ada apa-apa. Tapi pas dicek, ada kataraknya."

Kendala yang sering muncul untuk menyadarkan masyarakat periksa rutin kesehatan matanya adalah kurangnya sosialisasi tentang kesehatan mata serta informasi yang cukup tantang katarak. Kemudian faktor ketidak pedulian mereka sebab kebutuhan tiap individu untuk melihat enak itu berbeda.

0 Response to "Untuk Hindari Katarak, Rutin Lakukan Periksa Mata"

Posting Komentar