Yang Harus Diperhatikan Agar Tak Kena Katarak Saat Tua

Pantangan Makanan - Usia rata-rata seseorang terkena katarak adalah 60 tahun ke atas, Katarak terjadi sebagian besar disebabkan proses degeneratif. Atas dasar ini maka saat memasuki usia 50 tahu keatas disarankan melakukan skrining mata.

Bisakah kita mendiagnosa katarak di usia muda dengan lakukan pemeriksaan lebih awal? Dr Ucok P. Pasaribu, SpM menjawab "Pemeriksaan lebih awal tidak ada, karena ini namanya deteksi. Deteksi dini, harus diperiksa secara berkala. Kalau sudah terganggu, pasti akan ketahuan."
Yang Harus Diperhatikan Agar Tak Kena Katarak Saat Tua

Lalu dokter Sepesialis Mata JEC Kedoya tersebut menjelaskan, dikarenakan katarak adalah ketidakmampuan lensa mata untuk mempertahankan kejernihannya karena sebab faktor usia, maka yang harus dilakukan sejak Anda muda adalah menjalani pola hidup sehat. Pola hidup yang berantakan menjadi salah satu penyabab munculnya penyakit katarak lebih awal.

"Itu artinya, kalau Anda sakit-sakitan, Anda diabetes, kolesterol Anda juga naik turun, Anda mudah stres, istirahat kurang saat usia 40 dan 50-an tahun, maka cepatlah katarak itu datang" ungkap Dr. Ucok dalam Konferensi Pers Akreditasi Internasional JEC.

Ucok juga menjelaskan, misalkan seseorang bertambah tua serta selnya cepat bertambah tua, itu artinya selnya juga akan mengalami kesulitan untuk mempertahankan kejernihan dari sel lensa tersebut. "Begitu sudah tidak mampu, dia akan keruh" Beber Ucok.

Jadi inti dari masalah munculnya katarak adalah segala pemicu faktor risiko dari terjadinya katarak adalah ketidakmampuan seseorang dalam menjaga kesehatan tubuh. Dengan menjaga pola hidup yang lebih sehat, maka kita juga dapat memperlambat terjadinya penyakit katarak.

Dr, Ucok menambahkan "Kalu Anda ada gula, tolong dikontrol gulanya. Kalu anda kolesterol, tolong kolesterolnya dijaga. Pun kalau ada hipertensi, hipertensinya tolong dijaga. Sudah , itu saja."

0 Response to "Yang Harus Diperhatikan Agar Tak Kena Katarak Saat Tua"

Posting Komentar