Pantangan makanan penderita penyakit liver

Pantangan makanan penderita penyakit liver- Salam jumpa kawan, Liver atau hati adalah organ yang memiliki peran sangat penting dalam tubuh dan merupakan organ terbesar. Jika hati sakit maka dampaknya akan sangat terasa oleh tubuh yaitu banyak organ tubuh yang lain tidak bisa bekerja maksimal sesuai fungsinya.

Fungsi liver cukup banyak dan menjadikannya organ tubuh yang sangat bekerja keras, yaitu seperti mengeluarkan racun dari dalam tubuh, pembuatan dan pemecah protein dalam tubuh, tempat penyimpanan vitamin dan mineral, membantu mengolah hasil pencernaan makanan, dan memproduksi enzim serta hormon.
Pantangan makanan penderita penyakit liver

Kerusakan hati atau liver bisa disebabkan oleh banyak hal, tapi yang paling sering terjadi adalah disebabkan infeksi oleh parasit seperti amuba disentri, malaria, cacing, dan yang paling jahat virus hapatitis B (HBV) serta Virus Hepatitis C (HCV). Kemudian jika virus hepatitis B tidak bisa ditangani dengan baik maka akan menjadi sirosis hati lalu muncul kanker hati.

Melihat betapa pentingnya fungsi hati di dalam tubuh, untuk seorang penderita liver konsumsi makanan sehat harus benar-benar diperhatikan agar kinerja hati kembali optimal dan organ lain bisa bekerja makimal juga. Agar penderita penyakit liver tidak salah konsumsi makanan berikut ini admin informasikan beberapa pantangan makanan untuk penyakit liver :

1. Makanan Berlemak
Daging kambing, daging babi, jeroan, eskrim, susu full cream, keju, mentega, makanan bersantan, makanan yang digoreng. Jenis makanan tersebut tinggi kandungan lemaknya sehingga akan memaksa liver yang sedang sakit bekerja lebih keras.

2. Makanan Pedas dan Asam
Merica, ketumbar, bawang, cabai, pala, cuka, lengkuas, asam jawa, jahe, dan belimbing wuluh menjadi makanan pantangan liver sebab bisa merangsang asam lambung dan membuat hati menjadi nyeri.

3. Makanan Yang Menimbulkan Gas
Buah durian, buah nangka, kentang, ubi, kacang merang, buah mentimun, sayur kol, sawi dan merang bisa menghasilkan gas didalam perut sehingga jenis makanan ini pantang dikonsumsi penderita sakit liver.

4. Makanan Kemasan
Penderita penyakit liver sebaiknaya menghindari berbagai jenis makanan dalam kemasan atau makanan kaleng seperti sarden dan cornet.

5. Minuman beralkohol dan Soda
Sudah tentu seseorang yang sakit tidak boleh minum kedua jenis minuman ini sebab akan memperparah kerusakan pada hati.

Tabel Pantangan Makanan Penderita Liver

No.Makanan BerlemakPedas dan AsamMengandungGas
1Daging kambingMericaBuah durian
2Daging BabiKetumbarBuah nangka
3JeroanBawangBuah mentimun
4EskirmCabaiKentang
5Susu full krimPalaUbi
6KejuCukaKacang merang
7MentegaLengkuasKol
8BersantanAsam jawaSawi
9Di gorengJaheMerang
10Belimbing Wuluh

Penyakit liver merupakan salah satu jenis penyakit yang harus segera disembuhkan. Oleh karena itu untuk mempercepat proses penyembuhan hindari juga pantangan makanan bagi penderita liver yang telah admin sampaikan diatas jangan lupa untuk membagikan artikel ini dengan cara share menggunakan salah satu tombol share dibawah. Semoga lekas sembuh dan salam sehat!

0 Response to "Pantangan makanan penderita penyakit liver"

Posting Komentar