Pantangan Makanan Penderita Penyakit TBC

Pantangan Makanan Penderita Penyakit TBC- Salam jumpa kawan, TBC atau Tuberkulosis merupakan salah satu jenis penyakit yang bisa menular, data WHO mencatat seorang penderita TBC yang aktif akan menularkan virus tersebut ke 10 sampai 15 orang setiap tahunnya.

Jadi jika anda memiliki saudara menderita penyakit TBC jangan makan dan minum menggunakan peralatan yang sama agar tidak tertular. Selain itu perbanyak konsumsi makanan yang mengandung zat besi, vitamin B, dan antioksidan agar tubuh tidak mudah terserang TBC.
Pantangan Makanan Penderita Penyakit TBC

Penderita TBC buka untuk kita hindari atau dikucilkan, tapi harus kita bantu upaya pengobatannya agar tidak menular kepada orang disekitarnya. Saat ini proses penyembuhan TBC sudah bisa dilakukan dengan cara berobat rutin ke puskesmas minimal selama 6 bulan secara terus menerus sampai virus TBC hilang.

Untuk memperlancar proses pengobatan alangkah baiknya seorang penderita sakit TBC untuk menjaga pola makan, perbanyak konsumsi makanan bergizi dan hindari berbagai pantangan makanan bagi penderita penyakit TBC berikut ini :

1. Makanan Kaya Kandungan Natrium
Berbagai jenis makanan yang memiliki kandungan natrium harus dihindari seperti roti, makanan beku, salad, sereal, kacang kalengan, saus spaghetti, dan sup kaleng.

2. Gula Halus dan Gula Olahan
Berbagai jenis makanan olahan yang menggunakan gula halus harus dihindari penderita TBC contohnya roti putih, gula putih, sereal, puding dan aneka kue.

3. Acar
Penderita TBC harus membatasi konsumsi acar sebab memiliki kandungan natrium yang dikhawatirkan bisa memperburuk penyakit TBC.

4. Kafein
Minuman berkafein seperti teh kental dan kopi menjadi pantangan untuk dikonsumsi penderita TBC kecuali teh hijau dapat diminum bersama obat TBC sebab kaya akan antioksidan.

5. Alkohol dan Soda
Minuman bersoda rendah kalori memiliki kandungan sodium tinggi jadi tidak baik bagi penderita penyakit TBC, sedangkan berbagai macam minuman beralkohol sangat dilarang bagi orang yang sedang dalam proses penyembuhan bahkan orang sehat pun harus menghindari minuman ini.

Pantangan Makanan Penyakit TBC
No.PantanganJenisnya
1Makanan kaya NatriumMakanan beku, roti, salad, sereal, kacang kalengan, saus spaghetti, sup kaleng.
2Gula halus dan olahanGula putih, puding, roti putih, aneka kue
3Acarberbagai jenis acar
4KafeinTea Kental dan kopi
5Alkohol dan sodaBeragai jenis minuman beralkohol dan soda seperti anggur putih, bir, wiski, wine, coca cola, fanta dll.

Semoga uraian diatas selain dapat menambah pengetahuan bisa juga bermanfaat untuk anda terutama bagi yang sedang mencari info lengkap tentang pantangan makanan penderita TBC. Agar artikel ini bermanfaat juga untuk orang lain, silahkan klik salah satu link share dibawah. Salam sehat!

0 Response to "Pantangan Makanan Penderita Penyakit TBC"

Posting Komentar