Pantangan Makanan Penderita Penyakit Rematik

Pantangan Makanan Penderita Penyakit Rematik - Salam jumpa kawan, dulu rematik merupakan penyakit yang identik dengan orang tua tapi saat ini siapa saja bisa terkena penyakit yang menyerang persendian tersebut.

Faktor makanan yang serba instan serta gaya hidup yang tidak sehat bisa memperbesar peluang seseorang terkena sakit rematik. Seseorang yang terkena reumatik akan merasa nyeri dan kaku pada persendian, otot, bahkan dirasakan pada tulang. Hal tersebut terjadi akibat adanya gangguan autoimun yang menyerang balik sel dan jaringan di dalam tubuh itu sendiri.
Pantangan Makanan Penderita Penyakit Rematik

Untuk mencegah agar penyakit tersebut tidak kambuh atau bisa juga agar proses pengobatan lebih nyata hasilnya, maka kita harus menjaga asupan nutrisi kedalam tubuh. Hal ini penting untuk dilakukan sebab jika penderita penyakit rematik sembarangan konsumsi makanan maka peradangan akan semakin memburuk. Berikut jenis-jenis makanan pantangan untuk penderita rematik :

1. Daging Merah
Daging merah mengandung fosfor di dalamnya, jika dikonsumsi oleh penderita rematik maka semakin banyak kalsium yang hilang dari dalam tulang. Jadi hindari makanan jenis ini.

2. Jeroan
Jeroan hewan kaya akan zat purin yang tidak baik untuk penderita rematik. Contoh makanan ini usus, limpa, otak, jantung, paru dan hati.

3. Kacang-Kacangan
Ketika anda menderita rematik hindari makan kacang-kacangan seperti kacang buncis dan susu kacang.

4. Makanan Kaleng
Makanan kaleng seperti kornet sapi dan sarden harus dihindari oleh penderita rematik.

5. Buah-buahan
Durian, tomat, alpokat, melinjo, air kelapa muda merupakan jenis buah-buahan yang tidak boleh dikonsumsi penderita sakit rematik.

6. Produk olahan susu
Keju, mentega dan susu  tidak boleh dikonsumsi sebab akan meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh.

7. Sayuran
Kangkung dan bayam adalah sayuran pantangan untuk penderita rematik.

8. Makanan Lain
Terong, lada, kentang putih, dan paprika mengandung alkaloid yang bisa menyebabkan hilangnya kalsium jadi tidak boleh dikonsumsi. Selain itu ikan yang memiliki tempurung seperti kepiting dan udang juga harus dihindari.

9. Alkohol dan kafein
Kafein bisa menyebabkan dehidrasi yang bisa memperburuk kondisi nyeri sendi. Sedangkan alkohol sudah jelas tidak baik untuk siapapun.

Tabel Pantangan Makanan Penyakit Rematik
No.PantanganContoh
1Daging merahDaging sapi, daging domba, daging kambing, daging kuda, daging bebek dan daging angsa
2JeroanHati, jantung, limpa, paru, usus dan otak
3KacangKacang kedelai, kacang buncis
4Makanan KalengKornet dan sarden
5BuahTomat, durian, alpokat, kelapa muda, melinjo
6SusuSusu, mentega, yogurt, keju
7MinumanKopi dan Alkohol
8Lain-lainkangkung, bayam, terong, lada, kentang putih, paprika.

Dari list diatas dapat kita lihat cukup banyak pantangan makanan bagi penderita penyakit reumatik, memang sangat berat untuk menghindarinya tapi ini semua demi kebaikan dan kesembuhan penderita sakit rematik itu sendiri. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa klik salah satu tombol shre dibawah. Salam sehat!

0 Response to "Pantangan Makanan Penderita Penyakit Rematik"

Posting Komentar